Erabaru.net. Lain kali jika anjing Anda mengibaskan ekornya saat melihat Anda kembali ke rumah atau menggonggong ke orang asing yang acak di taman, hadiahi dengan beberapa usapan perut dan camilan lezat.

 

Ilustrasi. (Kredit: Unsplash)

Ternyata anjing Anda sebenarnya lebih pintar dari yang Anda kira. Sementara mereka menggunakan hidung mereka yang kuat untuk membedakan aroma, mereka juga dapat mengendus orang jahat dalam kelompok yang baik, kata good.is.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Akiko Takaoka dari Universitas Kyoto di Jepang mengungkapkan bahwa anjing sebenarnya mampu mengamati dan mengidentifikasi perilaku manusia yang berbeda.
 
Ternyata anjing bisa merasakan jika Anda adalah orang yang dapat dipercaya dari kata-kata yang Anda ucapkan.

Ilustrasi. (Kredit: Unsplash)

34 anjing dilibatkan dalam percobaan sederhana untuk penelitian ini. Yang harus dilakukan para peneliti adalah menggunakan trik kuno pada anjing. Mereka mengarahkan masing-masing anjing ke wadah yang memiliki makanan tersembunyi di dalamnya.

Pada awalnya, semua anjing berlari menuju wadah atas perintah. Dalam percobaan nomor dua, anjing-anjing diarahkan ke wada belaka, tetapi kali ini, tidak ada makanan yang terlibat.

Sekali lagi, setiap anjing berlari ke wadah tetapi dengan cepat mengetahui bahwa tidak ada makanan di dalamnya. Rutinitas diulang pada percobaan ketiga, tetapi yang mengejutkan adalah bahwa semua 34 anjing menolak untuk bergerak. Meskipun ada makanan di dalam wadah, mereka sekarang yakin bahwa mereka telah ditipu setelah yang kedua kalinya.
 
Oleh karena itu, mereka menyimpulkan bahwa perintah dan orang tersebut tidak dapat dipercaya lagi bahkan ketika orang tersebut mengatakan kebenaran.

“Anjing memiliki kecerdasan sosial yang lebih canggih daripada yang kita duga. Kecerdasan sosial ini berkembang secara selektif dalam sejarah panjang umur mereka dengan manusia, ”jelas Takaoka.

Studi ini membuktikan bahwa anjing dapat mendeteksi kebohongan atau memiliki masalah dengan kepercayaan mereka diuji.(yant)

Sumber: Goodtimes

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular