Zhong Jingming/Ming Xuan – NTDTV.Com

Amerika Serikat Pada Jumat (21/6/2019) kembali memasukkan 5 perusahaan pembuat superkomputer Tiongkok ke dalam daftar kontrol ekspor.  Diantara produsen superkomputer itu adalah Shuguang.

Perusahaan ini diketahui memiliki hubungan dekat dengan mantan pemimpin Komunis Tiongkok Jiang Zemin dengan anaknya Jiang Mianheng.

Produsen ini juga terlibat dalam pembangunan Great Firewall of China atau teknologi sensor untuk blokir konten yang tak diinginkan pemerintah komunis Tiongkok.

Dawning Information Industry Co., Ltd atau dikenal sebagai Shuguang adalah perusahaan teknologi tinggi yang didirikan bersama oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok dan Tianjin New Technology Industrial Park Management Committee pada tahun 2006.

Pemegang saham terbesarnya adalah anak perusahaan dari Institut Teknologi Komputasi Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok. Sumber utama teknologi juga berasal dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

Sugon memberikan dukungan teknis untuk kemajuan penelitian ilmiah fundamental dan lembaga pemerintah Komunis Tiongkok, termasuk Jaringan Nasional Tiongkok, China Mobile, Administrasi Meteorologi Tiongkok, JD.com, Inc yang juga dikenal Jingdong, dan aplikasi Tik Tok.

Sugon  dan hubungannya dengan Jiang Mianheng

Sejarah berdirinya Sugon tidak dapat dipisahkan dari keluarga Jiang Zemin. Ketika Jiang Zemin berkuasa pada tahun 1993, penelitian dan pengembangan komputer “Dawning 1” selesai. Institute of Computing Technology Chinese Academy of Sciences kemudian mendirikan Dawning Information Industry Co.,Ltd atau disingkat Shuguang .

Pada Desember 2006, ketika perusahaan Sugon baru berdiri, Jiang Zemin menetapkannya sebagai perusahaan terkemuka dalam sistem teknologi komputer, Sugon kemudian mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah komunis Tiongkok untuk sejumlah besar dana penelitian.

Pada saat itu, putra sulung Jiang Zemin, Jiang Mianheng, menjabat sebagai wakil presiden Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok. Dia sering mengunjungi Institut Teknologi Komputasi Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok yang berafiliasi dengan Sugon, dan menjabat sebagai penasihat Komite Ahli Supercomputing dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

 Jiang Mianheng dikenal sebagai “Raja Telekomunikasi Tiongkok” dan “Bos besar/penguasa” Shanghai. Ia juga memegang posisi penting di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

Di bawah kepemimpinan Jiang Mianheng, modal pokok Institute of Computing Technology Chinese Academy of Sciences, termasuk perusahaan China’s Loongson, Shuguang , dan Hongqi sebuah perusahaan mobil FAW Car Company, dan perusahaan milik Negara berhubungan erat dengan industri telekomunikasi, Shanghai Capital dan telah menjadi alat untuk meraup kekayaan bagi keluarga Jiang Zemin.

Institute of Computing Technology Chinese Academy of Sciences dituding menipu sejumlah besar dana milik negara Tiongkok.  

Sebagai contoh, laporan keuangan Shuguang menunjukkan bahwa pada tahun 2018, perusahaan menerima subsidi pemerintah sebesar 220 juta yuan, dan dana proyek nasional 6,77 juta yuan. Pertumbuhan pendapatannya juga terutama dari “cloud pemerintah.”

 Selain itu, Institute of Computing Technology Chinese Academy of Sciences, Shuguang dan Shanghai Supercomputing Center bersama-sama mengembangkan sistem Sugon 4000A, yang merupakan produk dari hasil kerjasama yang ditandatangani oleh Jiang Mianheng dan Wakil Walikota Shanghai saat itu, Yang Xiong.

Jiang Mianheng seringkali mengunjungi Shanghai Supercomputing Center. Yang Xiong adalah loyalitas inti Jiang Mianheng.

Jiang Mianheng juga merupakan kaki tangan dari penganiayaan kejam oleh Jiang Zemin terhadap rakyat Tiongkok.

Proyek Golden Shield komunis Tiongkok dan Great firewall of China (GFW) yang memblokir jaringan internet eksternal terkait erat dengan Jiang Mianheng. Pembentukan GFW dan proyek Golden Shield juga melibatkan Shuguang.

Menurut laporan media luar negeri, penelitian dan pengembangan GFW memiliki sejumlah besar personil dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, peralatan perangkat keras terutama berasal dari Dawning dan Huawei.

Pada saat itu, Li Guojie merangkap sebagai ketua CEO Sugon dan direktur Institut Teknologi Komputasi Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok. Sejumlah besar pesanan peralatan server dari GFW diserahkan kepada Shuguang.

Menurut keterangan resmi Shuguang , “Kota Cerdas” dari sistem pemantauan keamanan publik komunis Tiongkok dan solusi komputasi awan dari biro keamanan publik setempat, semuanya berhubungan erat dengan Shuguang , produsen superkomputer Tiongkok. (Jon/asr) 

Video Rekomendasi : 

Atau Anda Menyukai Ini : 

Share

Video Popular