Erabaru.net. Backpacker pemberani Tony Giles telah mengunjungi 125 negara di dunia sendiri meskipun sendiri tuna netra dan hampir tuna rungu total. Dia kehilangan penglihatannya saat berusia 10 tahun, dan berkelilung dunia di usia 39 tahun. Dia telah belajar bepergian sendirian berkat kelas yang dia ambil ketika dia masih remaja.

Tony in a small local boat at the floating market in Banjarmasin, capital of South Kalimantan, Indonesia on the large…

Tony the Traveller စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၅၊ ဇူလိုင် ၁၅၊ ဗုဒ္ဓဟူးနေ့

Dia menetapkan tujuan mengunjungi setiap negara di dunia karena baginya, itu adalah tantangan terbesar bagi orang tuna netra.

Dia memulai perjalanan di New Orleans pada bulan Maret tahun 2000 dan, sejak saat itu, Tony telah berada di semua bagian dunia, termasuk setiap negara bagian di Amerika Serikat.

Tony telah menembakkan AK-47 pada jarak tembak di Nevada, telah menjadi gelandangan di Mali dan ditangkap saat melintasi perbatasan Ethiopia.

Tony at the Western Wall (Wailing Wall). This ancient limestone wall in the Old City of Jerusalem is part of a longer…

Tony the Traveller စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၇၊ နိုဝင်ဘာ ၂၇၊ တနင်္လာနေ့

Dia juga bertemu dengan cinta dalam hidupnya, Tatiana, seorang wanita tuna netra di Yunani yang telah menulis dua buku untuk menghormatinya yang berjudul ‘Tony the Traveller’ (“Tony si Pelancong”, dalam bahasa Indonesia).

Perjalanannya yang terakhir berlangsung selama 7 minggu dan dia pergi ke padang pasir Yordania, yang dia lintasi dengan menunggangi seekor unta sebelum tiba di Petra, salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Tony berkata:

“Bepergian ke New Orleans membuat saya sadar bahwa saya bisa melakukannya sendiri. Awalnya saya sangat kewalahan dan tidak tahu harus berbuat apa, kemudian saya menarik napas dalam-dalam dan menyuruh diri saya untuk melanjutkan. Saya menghabiskan 8 atau 9 malam di sana untuk menjelajah dan minum.”

Tony sitting on a crocodile!

Tony the Traveller စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၇၊ မေ ၁၇၊ ဗုဒ္ဓဟူးနေ့

Meskipun dia tuna rungu, tapi dia masih bisa mendengar ketika menggunakan alat bantu dengar.

Pemandangan terakhir yang diingatnya adalah matahari terbenam di kota tempat dia tinggal dulu, yang dia gambarkan sebagai bola besar raksasa yang tenggelam di kejauhan.

Setiap perjalanan yang dia lakukan, dia bayar dari uang pensiun yang ditinggalkan Ayahnya, yang meninggal saat Tony baru berusia 16 tahun.

Tony sitting with a Rasta man at the souvenir market in Otrobanda, Willemstad.

Tony the Traveller စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၆၊ ဖေဖော်ဝါရီ ၂၅၊ ကြာသပတေးနေ့

Namun, dia hidup dengan keras, dia bepergian dengan transportasi umum di sebagian besar tempat.

“Saya bepergian dengan pesawat, kereta api, bus dan kapal, tetapi saya juga bepergian dengan keledai di Senegal.”

Tanpa alat bantu dengarnya, Tony mengatakan dia akan berada dalam masalah serius saat keliling dunia, dan dia akan terkurung di rumahnya di Inggris.

Almudena filming Tony having his photo taken by some of the artwork on the border wall. Tony is standing next to a large mural of a goose’s head.

Tony the Traveller စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၇၊ နိုဝင်ဘာ ၂၇၊ တနင်္လာနေ့

Tony tahu bagaimana menjalani hidup tanpa begitu banyak keterikatan, meskipun matanya tidak bisa melihat, dia masih bisa mendengar dan merasakan dunia dan berbagai budaya yang berbeda lewat suara.

Banyak yang akan bertanya-tanya bagaimana mungkin Anda sering bepergian dan tidak keberatan melewati banyak keajaiban yang bisa Anda lihat di masing-masing tempat?

Namun Tony berkata bahwa ketika Anda ada di sana dan tidak bisa melihatnya, Anda akan bisa merasakannya lewat cara lain, dan Anda akan bisa merasakannya lebih daripada orang lain, yang memberi Anda pengalaman unik daripada sekedar melihat sesuatu secara visual.

Menjadi ‘backpacker’ dunia, Tony bukan saja telah mempunyai makna baru untuk hidupnya, dia juga telah menginspirasi banyak orang di dunia.

Dia adalah bukti nyata bahwa kondisi fisik apapun, tidak bisa dijadikan alasan bagi seseorang untuk berhenti dari mengejar impiannya. (Jul)

Sumber: independent.co.uk

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular