Erabaru.net. Dokter di India telah mencabut 526 gigi dari mulut seorang bocah laki-laki berusia tujuh tahun setelah dia mengeluh mulutnya sakit, adalah yang pertama kali di dunia.

Bocah lelaki bernama Ravindran, mendapat perawatan di rumah sakit swasta setelah menderita sakit parah dan bengkak di rahangnya.

Ayah bocah itu, Parbhu, 40 tahun, dan ibunya Rajakumari, 33 tahun, takut bahwa anaknya tersebut menderita kanker di rahangnya ketika mereka membawanya ke Saveetha Dental College di Chennai, India selatan.

Tetapi petugas medis tercengang setelah mereka melakukan CT Scan dan X-ray dan menemukan lesi besar di mulut anak itu yang dipenuhi dengan ratusan gigi.

Dokter menemukan ratusan gigi yang mereka katakan berukuran “kecil, sedang dan besar”. (Foto: Caters News Agency)

 
Dokter lebih lanjut melihat gumpalan seperti kantung di mulut bocah itu. Operasi segera dilakukan untuk menghilangkan kantung itu.

Dokter menghabisakan waktu selama lima jam dalam pencarian yang teliti untuk mengeluarkan semua gigi kecil dari spesimen yang mirip kantung terbuka itu.

Ahli patologi di rumah sakit menyebut kantung itu “mengingatkan pada mutiara dalam tiram”.

Dokter menganalisis dan menghitung gigi yang diambil dari mulut bocah itu (Foto: Caters News Agency)

 
Menurut para dokter, ini adalah kasus pertama yang didokumentasikan di dunia di mana pada seorang individu ditemukan memiliki begitu banyak gigi kecil.

Anak itu telah menderita selama empat tahun terakhir tetapi tidak terdiagnosis.

“Orangtuanya membawanya ke dokter tetapi pemeriksaan tidak dapat dilakukan karena bocah itu tidak mau saat akan diperiksa oleh dokter.

Bocah tujuh tahun itu telah menderita sakit parah selama bertahun-tahun (Foto: Caters News Agency)

Profesor P Senthilnathan, dari Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial rumah sakit, mengatakan: “Orangtua pertama kali melihat pembengkakan ketika bocah itu berusia tiga tahun.

“Tapi mereka tidak terlalu peduli karena pembengkakannya tidak terlalu besar dan bocah itu juga tidak mau untuk diperiksa.

“Kemudian, ketika pembengkakan meningkat, orangtua membawa bocah itu ke rumah sakit kami.

“Kami membuka rahang setelah memberikan anestesi umum dan melihat tas, atau kantung, di dalamnya.

“Kantung itu, dengan berat sekitar 200 gram, dikeluarkan dengan hati-hati dan kemudian ditemukan mengandung 526 gigi – kecil, sedang dan besar.”

Meskipun beberapa partikel sangat kecil, kata dokter, mereka memiliki sifat gigi.

Ravindran dan ayahnya Parbhu (kemeja biru muda), 40, dan ibu Rajakumari (berwarna kuning) dengan dokter (Foto: Caters News Agency)

Ayah bocah itu, seorang petani, mengira anaknya telah menderita kanker.

“Saya pikir dia menderita kanker. Saya tidak tahu tentang hal itu dan dokter di Saveetha mengatakan kepada saya bahwa mereka hanya bisa memberi tahu setelah pemeriksaan,” kata ayahnya.

Pada usia tiga tahun, anak itu sudah dibawa ke rumah sakit pemerintah tetapi ia tidak mendapatkan perawatan dan konseling yang tepat karena ia masih kecil waktu kami pergi saat itu.

“Aku sangat bahagia sekarang karena anakku baik-baik saja. Aku lega. Dia makan dengan nyaman dan menjalani kehidupan normal, ” katanya.(yn)

Sumber: Mirror

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular