Erabaru.net. Ahli paleontologi telah menemukan sepotong tulang paha raksasa, yang diduga dinosaurus, di situs arkeologi Angeac yang terkenal di Perancis barat daya.

Dengan panjang sekitar 2 meter, fragmen tulang paha dinosaurus yang hampir lengkap diyakini milik sauropod, dinosaurus pemakan tumbuhan dengan ekor dan leher panjang, menurut BBC.

Ilustrasi. Sauropoda.(Foto; Imgur)

Sauropoda muncul pada periode Jurassic, salah satu hewan terbesar yang pernah ada di Bumi. Ahli paleontologi mengatakan mereka kagum dengan kondisi tulang yang lengkap.

“Kita bisa melihat titik sambung dengan otot dan ligamen, dan juga bekas luka,” kata Ronan Allain dari Museum Sejarah Nasional Paris.

“Ini sangat jarang bagi hewan besar seperti itu, tulang mereka sering lapuk dan hancur karena mereka terlalu berat,” tambah Mr. Allain.

Paha dinosaurus memiliki panjang 2 meter dan berat bisa mencapai 500 kg. (Foto: AFP)

Menurut ilmuwan itu, sauropoda hidup 140 juta tahun yang lalu dan beratnya mencapai 40 hingga 50 ton, kata Allain.

Tulang paha sauropoda lain juga ditemukan di lokasi penggalian pada tahun 2010, dengan berat 500 kg dan panjang 2,2 meter, menurut surat kabar La Charente Libre.

Tulang paha yang ditemukan kali ini cenderung memiliki berat yang sama ketika diangkat dari tanah, pekerjaan dan membutuhkan crane dan berlangsung selama berminggu-minggu.

Sekitar 70 ilmuwan bekerja di lokasi penggalian di Angeac. Lebih dari 7.500 fosil dari setidaknya 40 spesies telah ditemukan di daerah ini sejak 2010, menjadikannya salah satu penggalian fosil dinosaurus paling penting di Eropa.

Selain sauropoda, tulang fosil dinosaurus lain seperti stegosaurus dan dinosaurus burung unta juga ditemukan di sini, menurut surat kabar Le Parisien.(yn)

Sumbr: tinnhanh.dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular