Erabaru.net. Perang Dunia Pertama belum meledak, Titanic juga belum berlayar ketika ikan bigmouth buffalo (Ictiobus cyprinellus) muncul di dunia ini, demikian kata tim ilmuwan Amerika yang menemukan ikan ini di perairan Amerika.

Selama penyelidikan, mereka menemukan bahwa salah satu ikan dalam penelitian ini berusia setidaknya 112 tahun, jauh melebihi perkiraan hidup yang dikenal untuk spesies ini: 26 tahun, ungkap Science Alert.

(Foto: Nature.com)

Communications Biology, menjelaskan bahwa untuk mengetahui usia spesimen, menggunakan metode penanggalan radiokarbon dan analisis otolith di telingamereja.

Pengukuran yang memungkinkan memverifikasi bahwa ikan ini dapat hidup bertahun-tahun lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya, menemukan beberapa spesimen dengan usia lebih dari 70 dan 80 tahun.

Para peneliti berharap bahwa penemuan ini tentang umur panjang mereka akan menginspirasi apresiasi yang lebih besar untuk spesies yang “sedikit dihargai” ini.

“Ikan bigmouth buffalo mampu hidup dan bereproduksi pada usia yang lebih dari empat kali lipat semua perkiraan sebelumnya,” catat mereka dalam Communications Biology. “Temuan ini berfungsi sebagai contoh yang sangat baik dari penemuan yang diabaikan dan dilema pengelolaan yang mungkin timbul sebagai akibat kelalaian ekologis spesies yang kurang dihargai.”

(Foto: Nature.com)

Menemukan begitu banyak ikan tua merupakan risiko, karena menunjukkan kegagalan reproduksi, sehingga membahayakan seluruh spesies. Para ahli menunjukkan bahwa bigmouth buffalo membutuhkan perhatian segera.(yn)

Sumber: Upsocl

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular