Erabaru.net. Dasar laut dalam adalah rumah bagi banyak makhluk unik yang bahkan manusia tidak tahu. Salah satunya adalah hewan bernama blanket octopus .

(Foto : Screenshot Youtube)

Gurita ini memiliki tubuh yang panjang, padat dan rata seperti selimut, itulah sebabnya ia memiliki nama seperti itu. Hewan ini muncul di lautan Atlantik dan Pasifik dan tidak seperti spesies gurita lainnya, mereka tidak bersarang di dasar laut.

Saluran National Geographic TV mengatakan: “Ketika terancam, selimut gurita akan menyebarkan tentakel, sekarang tampak seperti selimut, mengancam musuh untuk melarikan diri.”

(Foto : Screenshot Youtube)

Salah satu ciri gurita yang paling mencolok adalah perbedaan ukuran antara jantan dan betina. Gurita jantan biasanya sekecil kacang walnut, tetapi betina dewasa bisa mencapai panjang 180 cm. Betina biasanya memiliki berat 40.000 kali lebih banyak dari gurita jantan.

Ahli biologi Tom Tregenza mengatakan alasan ukuran betina sebesar itu adalah karena mereka perlu bertelur. “Saya pikir gurita jantan tidak memiliki alasan nyata untuk tumbuh dalam ukurannya.” Tom berbagi dengan Wired, “Anak-anak memiliki alasan yang lebih jelas. Untuk hewan lain, betina juga besar karena jika mereka besar, mereka dapat bertelur lebih banyak atau melahirkan lebih banyak anak, dan semakin banyak telur yang mereka hasilkan, semakin besar kemungkinan mereka akan mewarisi gen untuk generasi berikutnya.”

(Foto : Screenshot Youtube)

Dari jenis gurita, gurita pelangi adalah jenis yang paling langka.

Pada tahun 2019, seorang penyelam sangat terkejut ketika menemukan sepasang gurita pelangi di perairan Philipina. Dia dengan cepat merekam pemandangan langka ini.

(Foto : Screenshot Youtube)

Gurita yang direkam dalam video itu terlihat seperti binatang alien yang membuat banyak netizen kagum. Mereka mengekspresikan pikiran mereka tentang hewan aneh:

“Ini adalah hewan tercantik yang pernah kulihat.”

(Foto : Screenshot Youtube)

“Alam sangat menakjubkan!”

“Kalau saja mata manusia bisa melihat lebih banyak warna, aku yakin gurita itu juga memiliki miliaran warna.”

Sumber: tinnhanh.dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular