Silver memastikan bahwa semua orang mengerti bahwa  pihaknya mendukung kebebasan berekspresi. Ia juga menjelaskan bahwa  penggemarnya di Tiongkok memahami bahwa menyediakan platform untuk kebebasan berekspresi, berbeda dari mengadili sudut pandang tertentu sehingga dirinya tidak melihatnya. Hal demikian sebagai peran dirinya sebagai komisaris NBA untuk menimbang substansi protes tersebut.

Bos NBA itu, kemudian mencatat bahwa krisis telah mempengaruhi liga secara finansial, menyebut kerugian “substansial.” Pertandingan NBA tidak tayang di Tiongkok, saat pihaknya berbicara. Selanjutnya, NBA akan melihat apa yang terjadi selanjutnya. Silver juga mengakui, konsekuensi keuangannya mungkin berlanjut dan cukup dramatis.

Selama krisis, beberapa tim berada di Tiongkok untuk pertandingan eksibisi. NBA memiliki ratusan juta penggemar di Tiongkok. Serangan balik dari Tiongkok berlangsung cepat setelah cuitan dan termasuk sejumlah perusahaan Tiongkok yang menangguhkan hubungan dengan NBA. 

Morey kemudian mengeluarkan pernyataan, apa yang dia unggah adalah pandangan pribadinya. Dia tidak mencabut pandangan pro-Hong Kongnya. 

Bos Rockets, Tilman Fertitta, termasuk di antara mereka yang menjauhkan diri dari cuitan Morey.  Bintang Rockets, James Harden meminta maaf ketika berada di negara itu untuk sebuah pertandingan.

Silver kemudian mengeluarkan pernyataan yang lebih lengkap setelah yang pertama membela hak kebebasan berbicara. Pernyataan itu berbunyi, nilai-nilai kesetaraan, rasa hormat, dan kebebasan berekspresi telah lama mendefinisikan NBA — dan akan terus melakukannya. Sebagai liga bola basket yang berbasis di Amerika yang beroperasi secara global, di antara kontribusi terbesar pihaknya adalah nilai-nilai pertandingan itu. 

Pernyataan itu menegaskan, Tidak dapat dihindari bahwa orang-orang di seluruh dunia — termasuk dari Amerika dan Tiongkok — akan memiliki sudut pandang berbeda atas berbagai masalah. Bukan peran NBA untuk mengadili tentang perbedaan-perbedaan. 

Namun demikian, NBA tidak akan menempatkan dirinya dalam posisi mengatur apa yang dibolehkan dan yang tidak boleh dikatakan oleh pemain, karyawan, dan pemilik tim tentang masalah tersebut. NBA menyatakan, tidak bisa beroperasi dengan cara seperti itu.  (asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular