Erabaru.net. Jika ada di antara para orangtua di luar sana merasakan sedikit rasa bersalah ketika Anda meminta orangtua Anda (kakek-nenek) untuk mengasuh anak Anda, jangan merasa bersalah lagi.

Tampaknya, kakek-nenek yang mengasuh cucu mereka hidup lebih lama, menurut sebuah penelitian baru-baru ini.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 500 orang berusia 70 dan lebih tua itu menunjukkan bahwa kakek-nenek yang membantu merawat orang lain hidup setidaknya tujuh tahun lebih lama.

Ilustrasi.

Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior.

Orang yang tidak peduli dengan orang lain memiliki harapan hidup rata-rata hanya empat tahun setelah penelitian berakhir. Setengah dari kakek-nenek dalam penelitian yang mengasuh cucu-cucu mereka masih hidup sepuluh tahun setelah wawancara penelitian awal.

Penelitian menunjukkan bahwa memberi orang tua tujauan tetap membuat mereka aktif.

Menurut Sonja Hilbrand, salah satu penulis penelitian dan seorang mahasiswa doktoral di departemen psikologi di University of Basel di Swiss,: “ Hubungan ini bisa menjadi mekanisme yang berakar dalam di masa lalu evolusi kita ketika bantuan dengan pengasuhan anak sangat penting bagi kelangsungan hidup spesies. “

Ilustrasi. (Foto: unsplash)

 

Orang-orang yang tidak memiliki kontak dengan cucu-cucunya dapat melihat kesehatan mereka benar-benar terkena dampak negatif, tambah Hilbrand.

Membantu anak-anak dewasa Anda dengan cara tertentu juga membantu Anda hidup lebih lama, penelitian menunjukkan. Jadi perasaan mengetahui bahwa Anda dibutuhkan karena itu memberi Anda tujuan bermanfaat bagi kesehatan kita seiring bertambahnya usia.

Bruno Arpino, professor di Universitas Pompeu Fabra Barcelona, ​​mengatakan hal itu dapat membantu untuk menjaga orang tua tetap aktif secara mental dan fisik.

“Pengasuhan dapat memberi pengasuh tujuan hidup karena pengasuh mungkin merasa bermanfaat bagi orang lain dan bagi masyarakat,” katanya. “Pengasuhan dapat dianggap juga sebagai kegiatan yang (membuat) pengasuh aktif secara fisik dan mental.”

Ilustrasi. (Foto: pixabay)

Dia menambahkan bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengasuhan tampaknya meningkatkan fungsi kognitif, serta kesehatan fisik dan mental.

Penelitian ini tidak termasuk kakek nenek yang memiliki hak asuh penuh waktu terhadap cucu mereka. Itu sebenarnya merugikan orang tua, menurut penelitian.(yn)

Sumber: newsner

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular