Erabaru.net. Ini adalah protokol perangkat lunak yang meningkatkan jangkauan penerimaan atau pemancar nirkabel hingga lebih dari 60 meter dari standar saat ini, menurut engadget.

Jika Internet telah menjadi bagian dari kehidupan nyata, perangkat yang mendukung Wi-Fi akan ada di mana-mana. Untuk melakukan itu, koneksi jaringan Wifi harus memiliki jangkauan yang stabil dan luas ke setiap sudut.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah perangkat keras seperti router Deco-M5 TP-Link atau Google Nest WiFi (atau produk serupa) – perangkat fisik yang meningkatkan sinyal set WiFi utama. Tetapi para peneliti berpikir ada cara lain: protokol perangkat lunak yang membantu memperluas jarak perangkat dapat mengirim dan menerima WiFi … hingga lebih dari 60 meter.

(Foto: Mohamed Hassan / gigazine)

Kelompok peneliti di Universitas Brigham Young, AS, telah menamai protokol ini On-Off Noise Power Communication (ONPC). WiFi normal memerlukan kecepatan setidaknya satu megabit per detik untuk mempertahankan sinyal, tetapi protokol ONPC dapat mempertahankan sinyal dengan hanya satu bit per detik, kurang dari sekitar satu juta laju transfer data yang dibutuhkan throughput.

Protokol ini melakukan dengan memungkinkan perangkat berkemampuan WiFi untuk mengirimkan suara nirkabel serta data. Menurut Universitas Brigham Young, ini memungkinkan perangkat untuk mengirim serangkaian karakter biner 1 dan 0; itu pada dasarnya bekerja dengan menyalakan dan mematikan sinyal dalam pola yang ditentukan. Itu sudah cukup untuk memberi tahu router WiFi bahwa perangkat masih aktif (bahkan ketika tidak ada data yang diterima) dan menjaga sinyal.

Para peneliti di Brigham Young menemukan solusi untuk meningkatkan sinyal wifi tanpa memasang perangkat keras tambahan seperti router atau pengontrol lonjakan arus. (Foto: kuaibao)

“Pada dasarnya mengirimkan sedikit informasi yang mengatakan itu masih hidup,” kata Profesor Neal Patawri dari Universitas Washington di St. Louis. Kata Louis.

Setelah diuji, protokol ONPC memungkinkan peneliti untuk memperluas jangkauan perangkat off-line hingga lebih dari 67 meter dari rentang WiFi standar. Mungkin yang terbaik dari semuanya, ONPC dapat diprogram melalui protokol WiFi yang ada, dan karena sepenuhnya berbasis perangkat lunak, ONPC dapat digunakan untuk hampir semua perangkat berkemampuan WiFi melalui Pembaruan perangkat lunak sederhana, setidaknya secara teori.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular