“Aku seharusnya bisa membawa seluruh set primer untuk Anda”

Michael Lauer dan pejabat lainnya mengatakan, bahwa investigasi terhadap penelitian biomedis menemukan bukti yang jelas tentang pelanggaran. Dalam satu kasus yang menyangkut MD  Anderson Cancer Center, seorang peneliti membawa dalam kopernya sebuah hard drive komputer yang berisi data penelitian. Beruntung sempat dicegat di bandara dalam perjalanan mau terbang ke Tiongkok.

Menurut pendapat mereka, kasus-kasus itu secara umum menggambarkan situasi yang tidak nyaman. Dikarenakan kegiatan spionase ekonomi, dan pemerintah Tiongkok telah mengambil keuntungan dari sistem penelitian biomedis Amerika Serikat yang berdasarkan kepercayaan dan pertukaran gagasan secara bebas.

Pada bulan Agustus 2018 dan Januari 2019, MD Anderson Cancer Center telah menerima 5 pucuk surat dari National Institutes of Health. Isi surat itu meminta manajer MD Anderson untuk menyelidiki tindakan ilegal dari 5 orang karyawannya.

Peter Pisters, dekan Anderson Center mengatakan, bahwa ia dan rekan-rekannya melihat email dari 5 orang karyawan dan menemukan bukti yang mengejutkan.

Dari email-email yang telah disortir yang diterima New York Times menunjukkan, bahwa para peneliti tampaknya berusaha untuk membawa bahan uji milik AS untuk diberikan kepada rekan-rekan mereka di Tiongkok. 

“Saya seharusnya bisa membawa seluruh set primer untuk Anda (jika saya tahu cara membawa lebih dari selusin tabung DNA beku ke dalam pesawat)”, demikian bunyi salah satu kalimat dalam email itu.

Email juga mengungkapkan bahwa seorang peneliti di pusat medis mengirim data dan penelitian ke pemerintah Tiongkok. Tujuannya untuk mendapatkan peluang masuk Program Seribu Talenta dan meraih hadiah senilai 75 ribu dolar AS.

Para peneliti tersebut memiliki kewajiban hukum untuk mengungkapkan kepada National Institutes of Health,jika mereka menerima dana dari pihak lain. Akan tetapi mereka tidak melakukannya.

Peneliti lain di Anderson Cancer Center mengirim program penelitian rahasia ke sebuah kontak yang berada di Tiongkok. Dalam email itu ia  menulis : Lampiran adalah aplikasi mutasi DNA mitokondria dalam perkembangan tumor.

Michael Lauer mengatakan, beberapa peneliti Tiongkok telah mendapatkan paten di Tiongkok. Mereka menggunakan hasil penelitian yang didanai oleh pemerintah AS. Beberapa orang peneliti telah menandatangani perjanjian Program Seribu Talenta, mereka diminta untuk memberikan kepada pemerintah Tiongkok hasil rahasia yang diperoleh baik di Amerika Serikat atau yang ditemukan di laboratorium lain.

MD Anderson memperkuat kontrol untuk mencegah pencurian informasi rahasia

Pada Anderson Cancer Center, pihak manajer sedang berupaya untuk memperketat kontrol dengan cara mengurangi jumlah akses gratis ke data. Orang tidak dapat lagi menggunakan laptop pribadi di jaringan nirkabel. Institusi itu telah melarang penggunaan flash drive dan sejenisnya. Komputer semua karyawan sekarang sedang dipantau dari jarak jauh.

National Institutes of Health  tahun lalu mengirim 18.000 pucuk surat ke lembaga penelitian yang didanai secara nasional. Isinya meminta mereka untuk mengungkapkan hubungannya dengan mitra asing atau pendanaan dari mitra asing. Surat itu juga menyarankan mereka untuk mendengarkan briefing FBI lokal, demi memahami bagaimana melindungi kekayaan intelektual AS. (Sin/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular