- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Anjing Temukan Kerangka Jurassic Berusia 150 Juta Tahun di Pantai Inggris

Erabaru.net. Anjing dikenal karena kecintaannya pada tulang, namun satu pemilik hewan peliharaan terkejut ketika anjingnya menemukan seluruh kerangka kuno yang diduga berasal dari zaman Jurassic.

Fosil sepanjang sekitar 1,7 meter itu belum dikethui jenisnya , tetapi diduga berasal dari ichthyosauria; mamalia laut prasejarah yang hidup selama periode Jurassic, 199,6 juta hingga 145,5 juta tahun lalu.

Jon Gopsill, 54 tahun, menemukan kerangka itu saat berjalan dengan dua anjing kesayangannya, Poppy dan Sam, di Pantai Stolford, Somerset, Inggris, pada Sabtu, 14 Desember.

[1]
(Foto: Caters)

Dia berjalan kaki membawa anjingnya ke bebatuan di pantai saat air surut, karena ‘mereka suka bermain di sana’. Jon sering membawa hewan peliharaannya ke pantai, tapi badai yang baru-baru ini terjadi nampaknya berdampak pada kondisi pantai, dan pria itu menemukan kerangka kuno saat ia mengikuti anjing-anjingnya.

Jon mengatakan : “Kami berada di pantai ketika saya melihat benda ini dan berpikir ‘apa itu?’ Jadi saya sedikit lebih dekat dan berpikir ‘wow’ . Saya menyadari bahwa itu luar biasa, benda-benda berkualitas museum, begitu saya melihatnya saya tahu saya menemukan sesuatu yang istimewa.”

[2]
(Foto: Caters)

Pria 54 tahun itu, yang merupakan arkeolog amatir, mengatakan bahwa dia selalu membuka matanya untuk sisa-sisa yang terpelihara dan sudah memiliki beberapa koleksi – cangkang berbentuk spiral dari moluska laut yang punah – meskipun ini jelas salah satu penemuan yang lebih mengesankan.

“Saya pikir itu jelas fosil makhluk laut, mungkin ichthyosauria. Saya hanya terpesona melihatnya di sana. Sungguh luar biasa bahwa ia bertahan untuk waktu yang lama dan sekarang hanya ada untuk dilihat semua orang,” tambahnya.

[3]
(Foto: Caters)

Jon mengambil foto kerangka itu dan melaporkan temuannya ke Somerset Heritage serta Museum Sejarah Alam.

Mike Day, kurator di departemen Ilmu Bumi di Museum Sejarah Alam, membenarkan bahwa kerangka itu kemungkinan milik ichthyosaurus, meskipun ia tidak dapat mengatakan secara pasti tanpa memeriksanya secara langsung.

[4]
(Foto: Caters)

Day menjelaskan: “Melihat spesimen ini, berdasarkan jumlah tulang di rusuk dada, tidak adanya korset panggul, serta “hunch” khas punggung, ini kemungkinan merupakan sisa-sisa ichthyosaurus. Namun, tidak mungkin untuk mengidentifikasi jenis ichthyosaur yang tepat dari gambar-gambar ini saja.”

Ichthyosaurus memiliki panjang rata-rata sekitar 1,8 hingga 4 meter dan mirip dengan lumba-lumba modern.

Poppy dan Sam tampaknya telah meniru cinta pada arkeologi pemiliknya, karena hanya satu hari setelah menemukan kerangka prasejarah, salah satu anjing itu mengirimkan fosil lain kepada pemiliknya.

[5]
(Foto: Caters)

Jon mengatakan, : “Saya tidak bisa mempercayainya, itu menakjubkan – saya sudah mengajarinya fosil apa, tapi saya tidak berharap dia akan membawakan saya satu. Istri saya mengatakan itu hanya keberuntungan – saya pikir cuaca badai telah menyapu banyak lumpur sehingga bebatuan sedikit lebih terbuka.”

Kedua anjing bermata elang ini tentu pantas mendapatkan hadiah makanan yang enak setelah melakukan penemuan. Semoga mereka akan terus bekerja dengan baik!(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi: