Erabaru.net. Menempatkan semangkuk air di lemari es tidak hanya menghemat listrik yang signifikan, tetapi juga memiliki efek yang baik untuk membantu membuat makanan tetap segar lebih lama.

Caranya?

Langkah 1: Malam sebelum tidur, taruh 1 mangkuk air di kompartemen freezer.

Langkah 2: Pagi harinya, ambil mangkuk air dari kompartemen freezer pindahkan ke kompartemen pendingin. Terapkan metode ini setiap hari, tagihan listrik Anda akan berkurang secara signifikan!

Mengapa menempatkan semangkuk air di kulkas menghemat listrik

– Saat Anda memahami prinsip pendinginan lemari es, Anda akan memahami kelebihan metode ini.

Pada malam hari, saat kulkas tidak aktif digunakan, menaruh mangkuk air di dalam freezer, maka kemampuan pendinginan akan sangat cepat, ini tidak akan mengonsumsi listrik seperti siang hari.

– Mangkuk air setelah dipindahkan dari freezer ke kompartemen pendingin secara bertahap akan mencair, dan memberikan udara dingin ke lemari es, ini akan mengurangi konsumsi energi.

– Selain itu, selama pencairan di kompartemen dingin, mangkuk air ini menyediakan air “segar” untuk makanan, mencegah sayuran dan buah-buahan dari layu dengan cepat, mencegah dehidrasi, menjaga kesegarannya dalam waktu yang lama.

Beberapa catatan saat menggunakan lemari es

1. Jangan biarkan lemari es terlalu kosong atau terlalu penuh makanan

Ketika terlalu sedikit makanan, membuat celah ruangan di lemari es, mesin lemari es akan terus berjalan, menyebabkan pemborosan listrik.

Tetapi jika Anda menaruh terlalu banyak barang, udara dingin di lemari es akan menyebar tidak merata, membuat beban pada kabinet, menyebabkan kerusakan dan mengurangi daya tahan mesin.

Cara terbaik untuk menjaga lemari es tetap berjalan stabil, menghemat listrik adalah dengan menaruh barang sekitar 70-80%. Harus ada ruang di antara makanan sehingga mereka dapat mengambil udara dingin dari lemari es.

2. Batasi berapa kali Anda membuka lemari es

Ketika suhu lemari es stabil, alat akan beroperasi dalam kondisi stasioner dan tidak akan mengonsumsi terlalu banyak daya.

Jika kita terus-menerus membuka pintu lemari es, itu akan menyebabkan udara dingin keluar, setiap kali membuka lemari es mesin akan terus berjalan untuk mengimbangi suhu, menyebabkan lebih banyak konsumsi energi.

Sebelum membuka lemari es pikirkan barang apa saja yang akan diambil, lalu buka lemari es untuk mengambil semua barang sekaligus dan menutup pintu lemari.

3. Dinginkan makanan panas sebelum dimasukkan ke dalam lemari es

Jika Anda ingin mendinginkan makanan, makanan yang panas dinginkan dulu. Jika Anda memasukkan makanan panas ke dalam lemari es, pendingin akan bekerja ekstra untuk mendinginkan makanan tersebut, yang menyebabkan lebih banyak konsumsi energi.

Selain itu, panas yang terkandung dalam makanan saat memancar keluar akan membuat kabut, menempel pada dinding kabinet akan menyebabkan bau dan sulit dibersihkan.

4. Jauhkan dari panas atau sinar Matahari

Lemari es harus ditempatkan jauh dari sumber penghasil panas, hindari sinar Matahari langsung karena peningkatan suhu akan mengonsumsi lebih banyak listrik.

Sisi dan belakang kulkas harus memiliki ruang, jangan menempatkan lemari terlalu menempel pada dinding, yang akan mempengaruhi pembuangan panas.

5. Bersihkan gumpalan es dalam kabinet

Lemari es setelah lama digunakan akan terbentuk gumpalan es di sekitar dinding. Lapisan es ini akan mempengaruhi efisiensi pendinginan, menyebabkan lebih banyak kehilangan daya. Biasanya, ketika ketebalan es sekitar 5mm, kabinet harus dibersihkan tepat waktu.

Dalam pembersihan gumpalan es, jika suhu dalam ruangan relatif tinggi, Anda dapat membuka pintu lemari es langsung setelah mencabut kabel, suhu dalam lemari es akan mengimbangi suhu kamar ini akan mencairkan lapisan es, Anda tidak perlu untuk membersihkannya.

Atau Anda juga dapat mencabut kabel, membuka pintu lemari es, menyalakan kipas untuk meniup ke dalam lemari es sampai gumpalan es mencair, ini akan menghemat waktu dan membersihkan lemari es secara efektif.

Sebagai tambahan, di daerah-daerah di mana gumpalan es mudah timbul, Anda dapat menerapkan lapisan tipis minyak sayur ke dinding lemari untuk mencegah gumpalan es. Waktu pembersihan berikutnya akan lebih mudah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular