Erabaru.net. Beras terutama mengandung komponen pati – sumber energi utama bagi tubuh dan banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Namun, nutrisi yang bisa kita dapatkan dari beras tidak banyak, itu karena kesalahan dalam proses memasak yang dilakukan kebanyakan orang.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan selama ini di antaranya:

1. Mencuci beras terlalu lama

Sebelum memasak nasi, kita akan “mencuci beras”, bahkan, banyak orang masih mencuci berkali-kali dan berpikir bahwa praktik ini akan membersihkan beras. Namun, tindakan itu membuat kita kehilangan hampir 20-60% vitamin B yang melekat pada bagian luar beras.

Pakar gizi merekomendasikan: Kita hanya harus “mencuci” beras dengan lembut, atau jangan terlalu bersih untuk menghindari kehilangan nutrisi.

2. Menanak nasi terlalu lama

Selama pemrosesan, mempersingkat waktu memasak akan memastikan kandungan nutrisi makanan. Untuk mempersingkat waktu memasak dan mendapatkan nasi dengan kualitas yang baik, kita dapat mengikuti dua cara di bawah ini:

Metode 1: Rendam beras selama sekitar setengah jam sebelum dimasak.

Metode 2: Gunakan air panas untuk memasak nasi.

Metode-metode ini tidak hanya membuat nasi yang lebih cepat matang, tetapi juga membuat gas klor di dalam air menguap, menghindari kerusakan pada vitamin B yang ada dalam beras.

Tips memasak nasi yang enak dan memastikan nutrisi tetap tinggi

Kita selama ini sudah terbiasa memasak nasi dengan cara yang sangat sederhana, hanya mencuci beras, menambahkan air dan masak. Kelezatan nasi tergantung pada jenis beras. Namun di Jepang, itu sama sekali berbeda, kelezatan beras di Jepang tidak tergantung pada jenis beras, tapi cara untuk memasaknya.

Menambahkan es batu ke dalam penanak nasi

Saat Anda mencuci beras dan menuangkan air ke dalam panci, tambahkan 2 hingga 3 potong es batu, diamkan selama sekitar 15 menit sebelum mulai menyambungkan daya, tekan tombol masak. Ini adalah salah satu cara yang digunakan orang Jepang untuk memasak nasi yang harum dan lengket.

Es batu berfungsi untuk menunda penyerapan air dalam beras, meningkatkan plastisitasnya. Menambahkan es batu ke beras akan meningkatkan jumlah asam amino, mencegah enzim dari memecah rasa manis pada butiran beras, memberikan rasa yang jauh lebih baik.

Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk membuat nasi terasa lebih enak. Ini juga cara yang sering dilakukan ibu rumah tangga di Jepang.

Gunakan air teh untuk memasak nasi

Menggunakan air teh untuk memasak nasi tidak hanya membuat nasi yang harum, nasi dengan warna yang menarik, tetapi juga sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Caranya juga sangat sederhana:

Siapkan 0,5 – 0,7 gr daun teh, rendam dalam 1 liter air mendidih selama 5-8 menit.

Kemudian gunakan kain tipis yang bersih untuk menyaringnya , tuangkan air teh yang sudah disaring ke dalam beras yang sudah dicuci dan masak seperti biasa.

Tambahkan garam ke nasi

Saat memasak nasi, menambahkan sedikit garam bisa membuat nasi lebih lama basi. Bahkan dalam cuaca panas, masih bisa disimpan tanpa pendinginan.

Selain itu, saat memanaskan nasi dingin, menambahkan sedikit air garam bisa menghilangkan rasa aneh pada nasi.

Masukkan minyak goreng ke dalam nasi

Jika kita menaruh beberapa tetes minyak hewani atau lemak saat memasak nasi. Tip ini akan membuat nasi tidak hanya harum, lembut, dan empuk, tetapi juga memastikan panci tidak terbakar.

Tambahkan cuka ke nasi

Saat memasak nasi di musim panas, tambahkan 2-3 ml cuka atau jus lemon ke dalam 1,5 kg. Cuka akan membuat nasi putih, tidak mudah basi atau asam.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular