Erabaru.net. Bagaimana cara menghemat uang secara efektif dan sesuai dengan penghasilan bulanan Anda? Ini adalah pertanyaan yang diminati banyak orang.

Mengembangkan kebiasaan menabung tidak mudah. Itu membutuhkan seseorang dengan tekad dan kemauan. Orang-orang sering menjadi korban dari apa yang dikenal sebagai “Hukum Parkinson”, atau “Biaya meningkat ketika pendapatan meningkat”. Aturan ini berarti semakin banyak yang Anda kumpulkan, semakin banyak yang Anda belanjakan, dan bahkan lebih banyak dari yang Anda hasilkan.

Jika Anda dapat belajar mengubah pola pikir Anda dari pemborosan pengeluaran untuk menikmati apa yang Anda miliki, Anda dapat memperbaiki situasi keuangan Anda.

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk menghemat uang Anda meskipun penghasilan Anda terbatas.

# 1 Masak sendiri

(Foto: Ezcooking)

Mengurangi makanan di restoran atau makan di luar akan menghemat banyak uang. Selain itu, memasak sendiri juga memastikan makanan bergizi dan higienis.

# 2 Simpan kembalianmu

Uang receh terkadang dibuang atau tidak diperhatikan. Namun, cobalah untuk memasukkan semua uang kembalian yang tidak digunakan ke dalam wadah apa saja, keleng bekas biscuit, atau Anda juga bisa membeli celengan tanah liat, setelah beberapa saat Anda akan terkejut dengan uang yang telah Anda tabung.

# 3 Bawalah uang dengan jumlah kecil

Bawa uang dengan jumlah kecil, cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar. Jangan membawa semua yang Anda miliki ke dalam dompet Anda.

# 4 Berpartisipasi dalam kegiatan publik

Tidak perlu pergi ke bioskop, ke area permainan, Anda dapat bersantai dengan berpartisipasi dalam kegiatan publik gratis seperti pergi ke festival, konser di luar ruangan, berjalan-jalan di taman atau pergi ke perpustakaan setempat untuk membaca buku …

# 5 Latihan gratis

(Foto: Unsplash)

Alih-alih membeli kartu keanggotaan gym, spa, kelas yoga yang mahal … pergi jogging, bersepeda, atau sekadar pergi ke canel YouTube dan ikuti instruksi untuk berlatih. Dengan hanya beberapa beban, latihan tikar dan lompat tali, Anda dapat mengencangkan tubuh Anda di rumah.

# 6 Beli barang diskon

Manfaatkan penawaran akhir tahun atau penjualan online untuk berbelanja. Anda akan menghemat sedikit dibandingkan dengan membayar harga aslinya.

# 7 Hentikan kebiasaan buruk

Jika Anda tidak ingin dompet Anda kosong, hentikan kebiasaan seperti keluar dan minum ketika Anda sedih, merokok, minum, atau ngemil. Cobalah untuk melepaskan kebiasaan ini dalam 30 hari, setelah periode yang menantang ini, Anda akan melihat, hanya bertekad untuk menghilangkan kebiasaan buruk tidak terlalu sulit.

# 8 Tinggal di rumah kecil

Di sebuah rumah kecil, Anda tidak memiliki ruang untuk berantakan, cukup menghemat waktu untuk membersihkan dan biaya perbaikan juga akan lebih sedikit. Selain itu, menyewa rumah dengan ruang sempit juga membantu Anda menghemat uang sewa.

# 9 Daripada membeli, perbaiki lagi

Ketika suatu barang rusak, cobalah untuk memperbaikinya sebelum memutuskan untuk menggantinya. Secara alami Anda harus mempertimbangkan memperbaiki dibandingkan dengan membeli agar lebih bermanfaat atau tidak.

# 10 Daftar barang-barang yang dibutuhkan dan beli menurut daftar

(Foto: ABC)

Saat berbelanja jangan “menunggang kuda untuk melihat bunga”. Membeli sesuai daftar akan membantu Anda memastikan pengeluaran Anda dan tidak membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

# 11 Terapkan aturan 30 detik

Setiap kali Anda akan membeli sesuatu, berhentilah selama sekitar 30 detik untuk bertanya-tanya mengapa Anda membeli barang dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jika Anda tidak menemukan jawaban yang meyakinkan, kembalikan item ini. Aturan ini membantu kita untuk tidak menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak perlu.

# 12 Penganggaran

Dapatkan penghematan uang yang efektif dengan mencatat pengeluaran – pendapatan di bulan itu. Setelah beberapa saat, tetapkan anggaran yang sesuai dan cobalah untuk tidak “melebihi dahi Anda”.

Selain tips ini, Anda juga perlu kemauan yang kuat untuk menghindari “godaan”, membeli barang yang tidak perlu. Awalnya mungkin sulit, tetapi jika Anda bertekad, Anda dapat secara bertahap mengubah kebiasaan belanja Anda. Semoga sukses!(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular