- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Longsoran Salju Kashmir Menewaskan Sedikitnya 67 Orang di Perbatasan India – Pakistan

Erabaru.net. Pejabat Pakistan mengatakan telah terjadi beberapa kali longsoran salju dalam 24 jam terakhir di daerah Kashmir yang masuk wilayah Pakistan. Insiden tersebut menewaskan sedikitnya 57 orang dan beberapa orang lainnya belum ditemukan. Sedangkan di wilayah yang dikuasai India, setidaknya 10 orang juga tewas.

Reuters melaporkan bahwa dua orang pejabat senior pemerintah Pakistan mengatakan, bahwa banyak penduduk desa di Lembah Neelum di negara itu masih terjebak longsoran salju pada (14/1/2020).  Sementara itu, hujan lebat juga telah menyebabkan tanah longsor. 

Salah seorang pejabat mengatakan, bahwa pekerjaan penyelamatan masih berlangsung. Banyak orang dilaporkan hilang.

Sementara itu, di bagian barat daya provinsi Balochistan, salju tebal menghancurkan beberapa rumah di daerah pegunungan dan menewaskan 17 orang penduduk.

Provinsi Baluchistan dikenal karena kaya akan deposit mineral. Badan penanggulangan bencana Pakistan mengumumkan, bahwa situasi darurat telah terjadi di tujuh wilayah provinsi dan telah meminta pihak militer untuk membantu pertolongan.

Petugas kepolisian senior India mengatakan, bahwa 5 dari 10 orang yang tewas di dekat perbatasan antara India dan Pakistan adalah prajurit.

Wilayah ini adalah salah satu perbatasan paling tegang dalam hubungan militer di dunia. 

Sejak India dan Pakistan merdeka pada tahun 1947, Kashmir telah dibagi menjadi 2 bagian kepemilikan.

Pada tahun 2012, longsoran salju telah menelan sebuah markas barak milik Pakistan yang ditempatkan di dekat perbatasan India. Insiden itu menewaskan sedikitnya 124 orang prajurit dan 11 orang warga sipil.  (Sin/asr)