- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Dr. Doom Memperingatkan : Serangan 4 “Angsa Putih” Termasuk Virus Corona COVID-19

oleh Li Yun – NTDTV.com

Profesor ekonomi Universitas New York, Nouriel Roubini seperti dilaporkan Fox Business Network,memperingatkan bahwa epidemi pneumonia Wuhan yang kini disebut COVID-19 akan mengguncang ekonomi Tiongkok. 

Selain itu, menjadi penghambat terbesar pertumbuhan ekonomi Tiongkok tahun 2020 sehingga tidak mampu melampaui 4%. Sedangkan dampak yang ditimbulkannya akan menyebar ke seluruh dunia melalui jalur perdagangan dan lainnya.

Laporan menyebutkan bahwa perang dagang AS – Tiongkok membuat komoditas Tiongkok menjadi mahal harganya, menyebabkan tingkat pertumbuhan ekonomi Tiongkok tahun lalu menurun menjadi 6,1%. Angka tersebut merupakan tingkat pertumbuhan paling lambat sejak tahun 1990.

Penurunan dari 6% menjadi 4% merupakan pengurangan sepertiga dalam pertumbuhan ekonomi Tiongkok. Ini akan memiliki efek limpahan yang sangat berarti bagi perdagangan global, kepercayaan dan perusahaan, karena Tiongkok menyumbang dua per tiga dari pertumbuhan ekonomi global.

Roubini mengingatkan bahwa sejumlah tanda peringatan sudah mulai muncul, termasuk lonjakan utang perusahaan dan perbankan bayangan. Bahkan mungkin ada krisis keuangan dalam beberapa tahun mendatang.

Roubini berpendapat bahwa coronavirus hanyalah salah satu dari beberapa insiden “angsa putih” dalam ekonomi global. Sementara masalah lain yang dapat mengganggu stabilitas pertumbuhan ekonomi termasuk gejolak geopolitik, kambuhnya ketegangan perdagangan internasional, bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim, potensial perang cyber dan lainnya.

“Daftar ini tidak lengkap, tetapi telah menunjukkan ekspektasi masyarakat yang wajar untuk tahun 2020. Pada saat yang sama, pasar keuangan masih optimis untuk menyangkal risiko ini, mereka akan menyimpulkan bahwa tahun ini masih aman-aman saja”, tulis Roubini dalam sebuah artikel dari Project Syndicate. 

Saham AS pada 24 Februari tidak tenang, karena efek ganda dari epidemi Wuhan. 4 indeks utama turun secara bersamaan, dan Dow Jones Industrial Index anjlok dengan 1.033 poin. Roubini berpendapat, semua tantangan saat ini berada dalam pandangan pasar.

“Selain risiko ekonomi dan kebijakan konvensional yang dikhawatirkan sebagian besar analis keuangan, sesungguhnya tahun ini masih banyak “angsa putih” tersembunyi yang bisa muncul. Dan salah satu dari mereka dapat memicu krisis di bidang ekonomi, keuangan, gejolak politik dan geopolitik,” katanya.

Roubini pernah mendefinisikan krisis keuangan sebagai “angsa putih” dalam bukunya yang berjudul ‘Crisis Economics’. Tetapi tidak mendefinisikan sebagai insiden “angsa hitam” sebagaimana yang dijelaskan oleh ekonom terkenal Nassim Nicholas Taleb dalam buku terlarisnya dengan judul yang sama. 

Nassim Nicholas Taleb mengatakan “angsa hitam” adalah peristiwa yang tidak terduga, seperti tornado. Tetapi Roubini berpendapat bahwa krisis keuangan lebih seperti badai, mereka adalah akibat kumulatif yang sudah dapat diperkirakan dari serangkaian kerentanan ekonomi, keuangan dan kebijakan yang salah.

Roubini mengatakan bahwa sesungguhnya orang-orang harus bersiap, karena sistem keuangan pada saatnya dapat bergerak menuju titik kritis yang disebut Minsky Moment. Kedatangan momen ini menandakan akan runtuhnya kemakmuran dan gelembung, karena semua krisis sudah dapat diprediksi sebelumnya.

Nouriel Roubini karena sebelum dan setelah krisis keuangan tahun 2008 telah membuat prediksi yang akurat, ditambah dengan penilaiannya yang pesimis terhadap ekonomi, sehingga ia dijuluki Dr. Doom atau profesor hari kiamat. (sin/asr)

Video Rekomendasi :