- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Puluhan Orang Tewas Keracunan Alkohol di Iran, Bermaksud Melindungi Diri dari Coronavirus Wuhan

Jack Phillips 

Media pemerintah Iran pada hari Senin 9 Maret 2020 lalu, memberitakan bahwa setidaknya 27 orang tewas karena keracunan alkohol di Provinsi Khuzestan dan Alborz, Iran dalam upaya melawan Coronavirus COVID-19.

“Beberapa warga Ahwaz mendengar bahwa minum alkohol dapat membantunya melawan Coronavirus, maka mereka minum alkohol sebagai tindakan pencegahan Coronavirus,” kata Ali Ehsanpour, juru bicara Fakultas Kedokteran Universitas Ahwaz, mengatakan kepada media milik pemerintah Iran, seperti dilansir ABC News.

Menurut kantor berita AFP seperti dilaporkan IRNA,  dua puluh orang meninggal di Khuzestan dan tujuh meninggal di Alborz setelah minum alkohol oplosan. 

Ada rumor mengenai cara sembuh dari Coronavirus yang tidak ilmiah, karena Coronavirus telah menewaskan ratusan orang dan menginfeksi ribuan orang di Iran.

Alkohol secara resmi dilarang di Iran, artinya sebagian orang minum alkohol industri yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.

Menurut Ali Ehsanpour, setidaknya 218 orang dirawat di rumah sakit karena keracunan alkohol di Khuzestan, sementara hanya 73 kasus Coronavirus dipastikan di provinsi yang sama.

“Salah satu korban menjadi buta dan beberapa korban lainnya dalam kondisi kritis,” Ali Ehsanpour menambahkan. 

Mereka minum alkohol disebabkan oleh adanya desas desus bahwa minum alkohol adalah efektif dalam mengobati coronavirus..

Wakil Jaksa Alborz, Mohammad Aghayari, mengatakan mereka yang meninggal minum metanol, yang digunakan dalam anti-beku dan berbagai proses industri, setelah mereka disesatkan oleh konten online, berpikir mereka sedang bertarung melawan Coronavirus dan menyembuhkannya.

Metanol dapat menyebabkan gagal hati, kebutaan, dan kematian jika dikonsumsi.

Laporan juru bicara Kementerian Kesehatan Iran untuk Kantor Berita Fars menyebutkan bahwa Iran secara resmi melaporkan 7.161 kasus jenis Coronavirus baru yang misterius, sementara 237 orang meninggal akibat Coronavirus. (Vv)

Video Rekomendasi :