oleh Ling Yun – Epochtimes.com

Sejak 23 Maret 2020,  rumah duka di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok membuka kesempatan bagi warga untuk mengambil kotak abu jenazah keluarga mereka yang meninggal selama berjangkitnya epidemi. Antrian panjang terlihat warga terlihat di semua rumah duka di Wuhan. Media ‘Caixin.com’ mengungkapkan bahwa hanya dalam 2 hari saja, ada 5.000 kotak abu dikirim dari tempat kremasi ke rumah duka Hankou, Ini belum termasuk rumah duka yang lain. Angkanya hampir 2 kali lipat dari jumlah kematian yang dilaporkan oleh komunis Tiongkok di Wuhan. 

 ‘Caixin.com’ melaporkan bahwa pada 26 Maret pukul 8 pagi, Liu Ping (nama samaran) warga  Jalan Hanzheng dengan ditemani oleh staf komunitas tempat tinggalnya datang ke Rumah Duka Hankou Wuhan untuk mengambil kotak abu jenazah ayahnya.  

Pada sore sehari sebelumnya, ia menerima pemberitahuan perihal tersebut. Sampai pukul 2 siang hari itu ia baru mendapat giliran mengambil lantaran warga yang mengantri cukup banyak.

Dalam perjalanan pulang, saat ia baru sampai di depan pintu gerbang Rumah Duka Hankou, Sebuah truk yang berisikan muatan kotak abu jenazah yang dipesan Rumah Duka Hankou sedang berhenti di dekat Jingya Hall atau nama ruang yang difungsikan sebagai gudang untuk menunggu diturunkan.

Sedangkan pengemudinya mengatakan, bahwa kotak yang dimuat kali ini berjumlah lebih dari 2.500 kotak, sementara itu muatan di truk yang kemarin sudah selesai diturunkan.

Tak lama kemudian, belasan karyawan pria mendekati truk untuk menurunkan kotak-kotak tersebut yang di-packing 1 palet berisikan 500 buah kotak. Di atas truk itu terdapat 7 palet.

Ini berarti bahwa Rumah Duka Hankou telah menerima 5.000 kotak abu jenazah dalam 2 hari. Dan ini hanya 1 rumah duka di kota Wuhan. Sampai sekarang tidak jelas persediaan 5.000 buah kotak itu akan dipakai berapa hari oleh Rumah Duka Hankou ?

Dilaporkan bahwa rumah duka yang beroperasi di kota Wuhan saat ini ada 8 unit, mereka itu adalah Rumah Duka Hankou, Rumah Duka Wuchang, Rumah Duka Qingshan, Rumah Duka Caidian, Rumah Duka Huangbo, Rumah Duka Xinzhou, Rumah Duka Jiangxia, dan Rumah Duka Huimin. Sebanyak 3 unit di antara yang berada di depan itu letaknya ada di pusat kota Wuhan.

Menurut berita, bahwa Rumah Duka Wuchang sudah mulai mendistribusikan kotak abu jenazah kepada warga mulai 23 Maret. Menurut yang berwenang bahwa pihaknya mendistribusikan 500 kotak per hari dengan tujuan agar dapat selesai sebelum Festival Qingming pada 4 April mendatang.

Ini berarti diduga bahwa jika distribusi berlangsung dari 23 Maret hingga 3 April, maka 500 kotak dikalikan 12 hari maka berjumlah  6.000, Rumah Duka Wuchang akan mendistribusikan kotak abu jenazah sekitar 6.000 kepada warga.

Sedangkan menurut angka yang diumumkan pihak berwenang kota Wuhan, bahwa korban yang meninggal akibat virus komunis Tiongkok atau pneumonia Wuhan di kota Wuhan hanya berjumlah 2.531 orang.

Share

Video Popular