Erabaru.net. Pemerintah melaporkan jumlah pasien yang terinfeksi corona bertambah menjadi 2.491 pasien pada Senin (6/4/2020). Meski demikian sebanyak 192 pasien sembuh. Sedangkan angka kematian mencapai 209 jiwa.

“Kita dapatkan penambahan kasus baru konfirmasi positif COVID-19 dari pemeriksaan metode PCR bukan pemeriksaan rapid test sebanyak 218 kasus baru, sehingga total 2.491 kasus,” kata Juru Bicara Pemerintah penanganan Virus Corona, via Livestreaming BNPB dari Gedung BNPB, Jakarta Timur.

Yuri juga menambahkan, pasien sembuh bertambah 28 orang hingga berjumlah 192 orang. Sedangkan yang meninggal dunia bertambah 11 orang sehingga secara total berjumlah 209 orang meninggal dunia.

Ia mengatakan,  gambaran yang riil dari data yang didapatkan pada hari ini, masih menunjukkan terjadinya penularan. Selain itu, masih ada kasus positif tanpa gejala yang ada di tengah masyarakat.

Menurut Yuri, masih terlihat penambahan jumlah kasus yang terus meningkat, penyebaran yang sangat cepat ke beberapa wilayah di sekitarnya. Oleh karena itu, kata Yuri, pihaknya akan terus melakukan kajian epidemologis untuk membatasi mobilitas manusia sebagai pembawa penyakit ini.

Oleh karena itu, ia menyerukan untuk menguatkan tidak akan berpergian, tidak mudik, karena ini akan menambah resiko. Ia mengajak masyarakat agar terus mengikuti perkembangan penyakit ini. Di samping itu, pemerintah telah menyediakan informasi yang bisa diakses diakses oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Yuri mengatakan pihaknya sudah memeriksa 11.420 specimen. Hasilnya, sebanyak 8.000 tak terbukti positif. Ia juga menyampaikan keprihatinan kepada petugas kesehatan yang terpaksa menderita penyakit ini dan kemudian gugur dalam melaksanakan tugasnya.

Lebih jauh, Yuri menegaskan  komitmen pemerintah tegas dan kuat untuk mendistribuskan Alat Pelindung Diri (APD).

Dalam kondisi tersebut,  masyarakat berada di ujung tombak suksesnya pencegahan wabah tersebut.  “Tetap lakukan langkah jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan, ingatkan semuanya,mari kita komit untuk melaksanakan tugas ini,” ujarnya. (asr)

Share

Video Popular