- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Jet Rusia Mencegat Pesawat Terbang Angkatan Laut AS di Atas Laut Mediterania

Jack Phillips 

Satu unit pesawat tempur Rusia mendekati pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat di atas Laut Mediterania pada hari Minggu 19 April, menurut kedua pemerintah.

Angkatan Laut Amerika Serikat Eropa-Afrika/Armada Amerika Serikat ke-6 menggambarkannya sebagai “pencegatan lainnya yang tidak aman oleh Rusia terhadap Angkatan Laut Amerika Serikat P-8 di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania.” 

Dikatakan bahwa jet Rusia berada dalam jarak 25 kaki dari Boeing P-8 Poseidon dan menempatkan “kedua kru pesawat dalam bahaya. Kami tidak mengharapkan apa-apa selain  interaksi profesional yang aman!”

Armada Amerika Serikat ke-6 juga mencakup video dari pesawat Rusia.

“Tindakan yang tidak perlu dari pilot SU-35 Rusia adalah tidak konsisten dengan penerbangan yang baik dan aturan penerbangan internasional, secara serius membahayakan keamanan penerbangan kedua pesawat. Sementara pesawat Rusia beroperasi di wilayah udara internasional, interaksi ini adalah tidak bertanggung jawab. Kami berharap pesawat Rusia berperilaku dalam standar internasional yang ditetapkan untuk memastikan keselamatan dan untuk mencegah terjadinya insiden..,” kata Angkatan Laut Amerika Serikat dalam rilis berita yang lebih lama pada hari Senin. 

Jet SU-35 mencegat P-8A dua kali selama sekitar 100 menit, kata Angkatan Laut Amerika Serikat. Sementara pencegatan pertama dianggap aman, pencegatan yang kedua adalah tidak aman, menurut rilis berita.

“Insiden ini mengikuti interaksi tanggal 15 April 2020 di perairan yang sama, di mana SU-35 Rusia terbang terbalik dalam jarak 25 kaki dari P-8A milik Amerika Serikat. Dalam kedua kasus tersebut, pesawat Amerika Serikat beroperasi sesuai dengan hukum internasional dan tidak memprovokasi aktivitas Rusia ini,” kata Angkatan Laut Amerika Serikat.

Militer Rusia memastikan adanya pencegatan itu, dengan mengatakan pesawat lepas landas dari pangkalan udara Hmeimim di Suriah dan sedang dalam misi untuk mengidentifikasi target yang mendekati fasilitas Rusia di negara itu.

“Pilot pesawat tempur Rusia setelah mendekat untuk mengidentifikasi nomor ekor pesawat milik Angkatan Laut Amerika Serikat, kemudian mengawalnya,” isi pernyataan Rusia. Pernyataan itu memuat bahwa kemudian pesawat Rusia mengubah arahnya, CNN melaporkan.

Komando Luar Angkasa militer Amerika Serikat mengatakan minggu lalu bahwa Kremlin juga melakukan rudal anti-satelit. Jenderal John W. “Jay” Raymond, dengan Space Command, mengatakan uji  “memberikan contoh lain bahwa ancaman terhadap Amerika Serikat  dan sistem ruang sekutu adalah nyata, serius, dan berkembang.” 

Apa perbedaan The Epoch Times dengan media lain?

The Epoch Times adalah media independen yang tumbuh paling cepat di Amerika. Kami berbeda dari organisasi media lain karena kami tidak terpengaruh oleh pemerintah, perusahaan, atau partai politik mana pun. 

Satu-satunya tujuan kami adalah membawa informasi yang akurat bagi pembaca kami dan bertanggung jawab kepada masyarakat. Kami tidak mengikuti tren tidak sehat di lingkungan media saat ini dari agenda-agenda yang mendorong jurnalisme dan kami menggunakan prinsip-prinsip Kebenaran dan Tradisi sebagai cahaya penuntun kami.