Ntdtv.com- Media resmi Korea Utara Chaozhong melaporkan bahwa pada 1 Mei 2020, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri upacara penyelesaian Pabrik Pupuk Fosfat Suncheon di Ping’an South Road, utara ibukota Pyongyang. 

Adik ipar Kim Jong-un, Wakil Menteri Partai Buruh pertama Kim Youzheng, Wakil Ketua Partai Buruh Taman Fengzhu, Jin Dexun, Park Chengeng dan Wakil Menteri Partai pertama Zhao Yongyuan juga hadir.

Tidak ada foto dan video pada hari acara itu. Baru hari berikutnya media resmi Korea Utara menerbitkan kembali sejumlah foto. Foto-foto itu menunjukkan bahwa Kim Jong-un memotong pita di tempat kejadian dengan senyum di wajahnya, tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit kritis. 

Sesaat sebelum penampilannya, berita operasi yang mengancam jiwa, kematian otak, dan kehidupan vegetatif setelah operasi dilaporkan secara luas.

Jelas, upaya mengusir rumor dengan penampilan Kim Jong-un, sangat kuat. Namun, masih ada pertanyaan tentang keaslian penampilan Kim Jong-un.

Keterangan foto: Pada 1 Mei, Kim Jong-un memotong pita pada upacara penyelesaian Pabrik Pupuk Fosfat Shuntian. (Gambar Chung Sung-Jun / Getty)

Reuters dan Al Jazeera mengatakan foto-foto itu tidak dapat diverifikasi. Sementara 

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa ia tidak ingin mengomentari peristiwa itu. Trump menegaskan akan berbicara pada waktunya.

Banyak netizen juga bertanya: “Itu foto kapan? Apakah foto lama yang di edit!”

Netizen lain berkomentar, “Sebelum San Fat menghilang, dia tidak mengenakan masker, tetapi orang-orang yang menyertainya mengenakan masker hitam. Kali ini, orang yang menyertainya tidak mengenakan masker. Apakah mungkin? Saya kira foto itu dibuat terburu-buru.”

Netizen lain berkata: “Jarak sosial tanpa mengenakan masker terlalu dekat dengan situasi saat ini. Palsu, palsu, semuanya palsu! Orang-orang di sekitar San Fat tidak mengenakan masker, orang-orang ini pemberani! Semua para pekerja yang berpartisipasi dalam konferensi itu yang mengenakan masker. Kedua set foto itu tampaknya tidak diambil pada saat yang sama! Pemimpin sudah mati tidak berkabung, karena kekuasan belum bisa dipastikan! “

Netizen  yang lain berkomentar, “Satu-satunya yang dirilis adalah foto! Itu trik yang digunakan Kim Jong Il setelah stroke. Dia hanya mengirim foto, bukan video, sampai dia meninggal.”

Komentar senada lainnya berbunyi: “Palsu, itu jelas merupakan avatar, kekurangan sifat mendominasi dan membunuh dari Kim Jong-un, dan kerumunan aktor di sekitar juga linglung, kurang keberanian untuk melayani Kim Jong-un. Saya tidak percaya. Mari kita lihat kapan Korea Utara akan terlibat dalam ledakan uji coba uji coba nuklir Atau bertemu dengan kepala negara di luar Tiongkok.”

Komentator Apollo, Wang Duran, juga percaya bahwa penampilan Kim Jong Un pada tanggal 1 Mei 2020 itu mungkin menggunakan pemeran pengganti. Kim Jong Un ini benar-benar bebas dari situasi di mana Kim Jong Un yang dulu berjalan dan terengah-engah. Cahaya mata tidak sama dengan Kim Jong-un, suram, agresif dan sombong. Bentuk telinga juga berbeda. Kim Jong-un asli memiliki telinga yang sangat tipis, tidak ada daun telinga besar. Daun telinga tipis tanpa garis-garis khusus.

Keterangan foto: Kim Jong-un memiliki lebih dari tiga stand-in, dan dapat membedakan stand-in dan perbedaan nyata adalah dari telinga dan alisnya. (Gambar komposit)

Sebelumnya dilaporkan bahwa Kim Jong-un memiliki banyak stand-in atau pemeran pengganti yang mirip dengannya. Namun perbedaan nyata adalah pada telinga dan alisnya.

Media senior Taiwan, Huang Jingping pernah mengatakan di sebuah acara bahwa keluarga Kim yang dikabarkan memiliki kebiasaan menggunakan stand-in, Kim Jong Il dilaporkan memiliki 4 stand-in. Bahkan rencana perjalanan publik selama penyakit kritis, dilaporkan menggunakan stand-in.

Menurut Huang Jingping,  untuk mencegah pembunuhan, Kim Jong-un selalu memiliki pengganti untuk membantu menghadiri acara. Perbedaan antara Kim Jong-un dan pengganti hanya dapat dibedakan pada daun telinga dan alis mata.

Hong Kong Asia Weekly 2017 juga melaporkan bahwa upaya Kim Jong-un untuk melawan pembunuhan sangat melelahkan dan tidak boleh diremehkan. Mungkin memiliki lebih dari 3 stand-in.

Menurut informasi militer dari Korea Utara yang diam-diam dipegang oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan, Kim Jong-un sangat waspada untuk mencegah tentara Korea Utara keluar dari kendali.  Kim Jong-un juga sangat ketat dalam mencegah serangan militer eksternal dan serangan udara di Pyongyang. Kim Jong-un bahkan menggunakan setidaknya tiga stand-in untuk mencegah pembunuhan.

Sanli News juga melaporkan bahwa Korea Utara merayakan Festival Matahari pada 15 April 2017. Kim Jong-un terlihat  tersenyum, dan melambaikan tangannya. Namun di mata para ahli, yang tampil itu kemungkinan  bukan  Kim Jong-un yang asli.

Keterangan foto: Kim Jong-un memiliki lebih dari tiga stand-in, dan ia dapat membedakan stand-in atau nyata hanya dari telinga dan alisnya. (Gambar komposit)

Su Ziyun, kepala eksekutif Tampa War Center, mengatakan bahwa foto sebelah  kiri, Kim Jong-un muncul saat hari parade militer. Daun telinganya sangat besar. 

Sedangkan foto tengah dan sebelah kanan, berbeda pada tahun sebelumnya. Pada sudut yang sama, daun telinga Kim Jong-un berbeda.

Membandingkan foto-foto penampilan Kim Jong-un dalam beberapa tahun terakhir, tidak sulit untuk menemukan bahwa ketika Kim Jong-un pertama kali mengambil alih sebagai pemimpin, dia hampir tidak memiliki daun telinga. Di lain waktu, kecuali untuk lokasi dan ukuran daun telinga, lebar tulang alis dan jarak pangkal hidung juga berbeda.

Menurut Su Ziyun, sejak tahun 2000 Hussein dan Bin Laden pada tahun 2011,  dapat dilihat berbagai pengganti atau stand-in. Tujuannya adalah untuk menghilang secara pribadi.

Laporan itu mengatakan bahwa dengan stand-in, memblokir “peluru”{ sebenarnya adalah tradisi keluarga Kim. Khawatir akan dibunuh, Kim Jong Il mengolah empat stand-in yang terlihat mirip dengannya. Selama Kim Jong Il berkuasa, saat sakit kritis juga mengandalkan stand-in untuk melakukan perjalanan.

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular