Sound of Hope, oleh Fei Zhen– Saat merebaknya rumor tentang kesehatan Kim Jong-Un, menurut berbagai laporan media, tubuh Kim Jong-un menjadi semakin membengkak. Itu terjadi sejak ia menduduki jabatan kepala negara Korea Utara dalam 8 tahun terakhir. 

Beberapa media Korea Selatan menilai bahwa selama 5 tahun dari 2013 hingga 2018, berat badan Kim Jong-un setidaknya bertambah 40 kilogram dan kini diperkirakan sudah mencapai berat 130 kg.

Keterangan gambar : Presiden AS Trump dan pemimpin utama Korea Utara Kim Jong-un makan malam di Sofitel Legend Metropole Hotel di Hanoi, Vietnam pada 27 Februari 2019. Hadir pula Sekretaris Negara Mike Pompeo dan penjabat kepala staf Gedung Putih Mick Mulvaney. Kim Yong-chol, wakil ketua Komite Sentral Partai Buruh Korea Utara dan Ri Yong-ho, Menteri Luar Negeri Korea Utara. (Foto: Associated Press)

Kenji Fujimoto, koki Jepang yang pernah menjadi koki utama keluarga Kim selama 13 tahun mengatakan bahwa, Kim Jong-un sangat gemar mengkonsumsi Kobe beef steak, sushi, kaviar, foie gras dan masakan berharga lainnya. Ia juga menyebutkan, Kim menyukai  tuna lemak, lobster, dan makan keju Emmental  Swiss yang berkalori tinggi setiap kali makan. 

Kim Jong-un bahkan secara khusus mengirim orang kepercayaannya ke Prancis untuk belajar membuat keju kesukaannya. Selain itu, seperti juga ayahnya Kim Jong-il, ia suka dengan sup sirip hiu yang dihidangkan 3 kali dalam seminggu.

Selain itu, Kim Jong-un juga suka minuman arak, suka minum sampanye kristal yang sebotolnya berharga 175 poundsterling atau setara  219 dolar AS dan anggur merah Bordeaux. 

Kim juga pernah dengan bangganya mengatakan bahwa ia sendirian telah menghabiskan 10 botol anggur merah pada suatu jamuan makan. Sejak berusia remaja, ia sudah belajar merokok meskipun Korea Utara dulu pada masa ayahnya Kim Jong-il berkuasa mengadakan kegiatan larangan merokok bagi warga, ia mengabaikan larangan ayahnya. 

Bahkan pernah terekam foto ia langsung merokok seturunnya dari kendaraan waktu berada di Tiongkok. Kabarnya, Kim Jong-un menghabiskan jutaan dolar setiap tahunnya untuk membeli rokok atau cerutu berkualitas.

Menurut laporan, Kim Jong-un memiliki tinggi badan sekitar 170 cm dengan berat sekitar 130 kg. UkuranIndeks Massa Tubuh berada di sekitar 45, termasuk orang yang sangat gemuk. 

Setelah ia menjabat sebagai pemimpin Korea Utara pada tahun 2012, berat badan Kim Jong-un bertambah sekitar 40 kilogram. Padahal ia memiliki riwayat penyakit keluarga Kim seperti pirai atau gout, hipertensi, dan diabetes. (Sin/asr)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular