- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Jual Torpedo Berat Taiwan, Hubungan Amerika dan Taiwan Makin Erat, Dibanding dengan Tiongkok

Ntdtv.com- Pada tanggal 20 Mei, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui penjualan senjata senilai US $ 180 juta ke Taiwan, termasuk torpedo berat 18 MK-48 AT Mod 6 dan peralatan terkait. Penjualan senjata ini didasarkan pada Undang-Undang Hubungan Taiwan dan telah secara resmi diberitahukan ke Kongres.

Fei Xueli, seorang pakar militer dari Pusat Penilaian dan Strategi Internasional Amerika Serikat, sekaligus  seorang pakar Tiongkok mengatakan: “Ini adalah salah satu torpedo jarak jauh paling efektif dalam inventaris Amerika Serikat. Ini adalah senjata anti-kapal selam yang sangat efektif dan sangat cocok untuk kapal selam Taiwan.”

Menteri Luar Negeri Taiwan Wu Zhaoxie mengatakan dalam sebuah pertanyaan di Legislatif pada tanggal 21 Mei lalu bahwa torpedo berat akan digunakan pada kapal selam buatan Taiwan. Menurut laporan media Tiongkok daratan, torpedo ini dapat menghancurkan kapal induk dengan kecepatan tinggi.

Komentator politik saat ini Tang Jingyuan percaya bahwa Amerika Serikat telah merilis sinyal ganda untuk penjualan senjata ke Taiwan.

Menurut Tang Jingyuan, ini adalah hadiah ucapan selamat setelah Tsai Ing-wen yang terpilih kembali sebagai presiden, dan juga menyatakan dukungan untuk kebijakan lintas-selat Tsai Ing-wen saat ini. Artinya  menolak front persatuan dengan satu negara, satu sistem. 

Amerika Serikat secara komprehensif membentuk kembali hubungan Amerika dengan Taiwan, tidak hanya untuk memperkuat ikatan politik, tetapi juga untuk memperkuat dukungan militer. 

Pada saat yang sama, langkah ini juga merupakan peringatan implisit bahwa Partai Komunis Tiongkok tidak boleh bertindak sembarangan terhadap apa yang disebut masalah Taiwan.

Pada hari yang sama, Gedung Putih mengeluarkan laporan strategis baru ke Tiongkok, yang menyebutkan bahwa Beijing gagal memenuhi komitmennya dan memperluas kekuatan militernya dalam skala besar. Itu mendorong Amerika Serikat  memastikan bahwa Taiwan memiliki kemampuan pertahanan yang memadai untuk memastikan perdamaian dan stabilitas regional.

Fei Xueli menilai sangat jelas bahwa Taiwan tidak hanya mendapat dukungan pemerintah Amerika Serikat, tetapi juga Jepang, Filipina, dan Australia. Jika Tiongkok melenyapkan demokrasi Taiwan dan menaklukkan Taiwan, mereka akan menjadikan Taiwan, sebagai pangkalan militer besar, mengakhiri demokrasi Asia. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat juga telah menjual senjata termasuk pesawat tempur F16 baru (F-16C / D Block 70), tank tempur utama M1A2 Abram, dan rudal penyengat ke Taiwan. Pada 2019, Amerika Serikat menyetujui penjualan senjata lebih dari $ 10 miliar ke Taiwan.

Para ahli percaya bahwa dalam konteks pandemi virus Komunis Tiongkok yang terjadi secara global, hubungan antara Amerika Serikat dan Taiwan mulai mengalami perubahan penting.

Tang Jingyuan mencatat bahwa dari masa lalu, status hubungan Amerika Serikat dengan Taiwan dan hubungan  dengan Tiongkok akan secara bertahap meningkat menjadi hubungan bilateral yang pada dasarnya independen. Hubungan trilateral. Bahkan hubungan Amerika Serikat dengan Taiwan akan melebihi pentingnya hubungan Amerika Serikat dengan Tiongkok. Kecenderungan ini bisa dikatakan tidak dapat diubah.  

hui/rp 

Video Rekomendasi