Ntdtv.com- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyampaikan pidato di Rose Garden Gedung Putih pada hari Jumat 29 Mei 2020 lalu, mengumumkan posisi dan kebijakan Amerika Serikat terhadap Hong Kong, dan juga menyatakan akan mengakhiri hubungannya dengan WHO.

Trump menuding Komunis Tiongkok hanya membayar US $ 40 juta kepada WHO setiap tahun, sementara Amerika Serikat membayar sekitar US $ 450 juta, namun Komunis Tiongkok memiliki kendali penuh atas WHO. 

“Kami telah merinci reformasi yang harus dilakukan dan memiliki kontak langsung dengan mereka, tetapi mereka menolak untuk mengambil tindakan,” kata Trump. 

Trump menilai karena WHO gagal melakukan reformasi yang sangat dibutuhkan atas permintaan Amerika Serikat, Amerika Serikat akan memutuskan hubungannya dengannya dan akan mentransfer dana  ke kebutuhan kesehatan masyarakat lainnya yang sangat dibutuhkan di seluruh dunia.

Sejak penyebaran global virus Komunis Tiongkok, Trump telah kritis terhadap tanggapan WHO terhadap epidemi dan mengkritik kurangnya transparansi penanganan pejabat terhadap epidemi Komunis Tiongkok.

Sejauh ini, virus Komunis Tiongkok telah membunuh lebih dari 100.000 orang Amerika.

Trump mengutuk dengan mengatakan: “Pejabat Tiongkok telah mengabaikan kewajiban pelaporan mereka kepada WHO, dan ketika otoritas Tiongkok pertama kali menemukan virus, mereka menekan Organisasi Kesehatan Dunia untuk menyesatkan dunia.”

Trump  menekankan bahwa epidemi telah membunuh banyak orang dan menyebabkan kesulitan ekonomi yang sangat besar di seluruh dunia. Meskipun seseorang sangat menyarankannya untuk tidak memberlakukan larangan awal ke daratan Tiongkok, Trump melakukannya, dan ternyata 100% benar.

Trump,  menuntut pertanggungjawaban kepada Komunis Tiongkok: “Dunia membutuhkan jawaban Tiongkok terhadap virus. Kita harus memiliki transparansi.”

Trump menunjukkan bahwa selama periode puncak wabah di daratan Tiongkok, pejabat Komunis Tiongkok melarang orang meninggalkan Wuhan untuk melakukan perjalanan ke bagian lain dari Tiongkok, tetapi memungkinkan orang untuk melakukan perjalanan di seluruh dunia untuk menyebarkan virus. 

“Kematian dan kerusakan yang dihasilkan tidak dapat dihitung. Kita harus memiliki jawaban, tidak hanya jawaban, tidak hanya ini untuk diri kita sendiri dan untuk seluruh dunia, ” kata Trump. (hui/rp)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular