Erabaru.net. Gua Movile di Rumania telah tertutup selama jutaan tahun. Udaranya tebal dengan gas-gas berbahaya, namun merupakan rumah bagi lusinan makhluk aneh.

Gua itu tetap terisolasi selama 5,5 juta tahun, menurut laporan BBC Earth. Tetapi meskipun sama sekali tidak ada cahaya dan udara yang beracun, gua itu merangkak dengan kehidupan.

(Foto: Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL)

Para ilmuwan telah mengidentifikasi 48 spesies yang hidup di dalam gua. Hebatnya, 33 makhluk yang ditemukan belum pernah terlihat di luar gua khusus ini.

Ahli mikrobiologi, Rich Boden adalah satu dari sedikit orang yang memasuki gua.

“Cukup hangat, dan sangat lembab sehingga terasa lebih hangat daripada sebelumnya, dan tentu saja dengan setelan ketel dan helm tidak membantu,” kata Boden kepada BBC. “Kolam air sulphidic yang hangat berbau telur busuk atau karet yang terbakar ketika hidrogen sulfida dilepaskan.”

(Foto: Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL)

Untuk memasuki gua , mereka harus turun dengan tali 20 meter ke bawah poros sempit dalam kegelapan total. Mereka harus merangkak melalui terowongan sempit yang akhirnya membuka ke sebuah gua pusat yang berisi danau.

Untuk menjelajahi sisa gua, mereka harus menyelam ke dalam danau dan menavigasi lorong-lorong bawah air yang sempit.

(Foto: Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL)

Selain itu, tempat itu dipenuhi dengan crawler yang menyeramkan. Bagaimana makhluk-makhluk ini bertahan hidup?

Di sebagian besar gua, hewan mendapatkan makanan dari air yang menetes dari permukaan. Namun, Gua Movile memiliki lapisan tanah liat tebal di atasnya, yang tidak tembus air.

Sebagai gantinya, makanan tersebut berasal dari busa berbuih yang aneh yang mengambang di atas air. Busa itu mengandung jutaan bakteri.

“Bakteri ini mendapatkan karbon mereka dari karbon dioksida seperti halnya tanaman,” kata Boden. “Mereka mendapatkan energi yang dibutuhkan dari reaksi kimia.”

Movile adalah satu-satunya gua yang ekosistemnya diketahui didukung dengan cara ini.

Selama bertahun-tahun, hewan-hewan di dalam gua telah beradaptasi dengan lingkungan unik mereka.

Setiap makhluk yang hidup di Gua Movile tidak memiliki penglihatan dan tidak memiliki pigmen warna apa pun. Tanpa kemampuan untuk melihat, organisme mengembangkan antena yang sangat panjang, anggota badan, dan fitur tubuh lainnya untuk merasakan jalan mereka di sekitar gua.

(Foto: Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL)

Peneliti mengkategorikan semua hewan di dalam gua. Mereka termasuk 3 spesies laba-laba, kelabang, 4 spesies isopoda, lintah yang tidak pernah terlihat di tempat lain di dunia, dan kalajengking.

Bagaimana dan mengapa hewan-hewan yang masuk gua masih menjadi misteri. Namun, sepertinya mereka terjebak untuk selamanya.(yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular