Erabaru.net. Koala akan punah di New South Wales dalam 30 tahun ke depan kecuali tindakan segera diambil, menurut sebuah penelitian.

Sementara ancaman terbesar terhadap hewan berkantung ini adalah hilangnya habitat yang berkelanjutan, yang menurut laporan itu terjadi di hutan dan di pertanian di negara bagian Australia pada tingkat yang mengkhawatirkan, koala juga berisiko terkena penyakit dan peristiwa iklim seperti kebakaran hutan.

Pennelitian parlemen negara, oleh komite lintas partai, juga menemukan perkiraan pemerintah bahwa ada 36.000 koala di negara bagian yang sudah tua dan tidak dapat diandalkan.

(Foto: Pixabay)

Meskipun hilangnya habitat tetap menjadi ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup spesies, penebangan dan penyempitan habitat terus berlanjut. Komite mengatakan hilangnya habitat ini hanya diperparah oleh kebakaran hutan baru-baru ini.

Diperkirakan 24% habitat koala di tanah publik terkena dampaknya dan di beberapa daerah, sebanyak 81% habitatnya terbakar. Selain itu, sekitar 5.000 koala diyakini telah mati di kebakaran hutan di NSW saja.

Laporan itu mendesak para pembuat undang-undang untuk memastikan populasi yang tersisa tidak binasa di habitat yang semakin cepat berkurang ini, mengedepankan 42 rekomendasi termasuk membangun taman nasional baru di daerah-daerah yang diidentifikasi dan mengurangi pembukaan lahan.

“Mengingat skala kerugian akibat kebakaran pada banyak populasi lokal yang signifikan, paniliti yakin koala akan punah di New South Wales jauh sebelum 2050,” kata laporan itu.

Disarankan bahwa ‘intervensi pemerintah yang mendesak’ diperlukan untuk melindungi habitat koala dan ‘mengatasi semua ancaman lain untuk kelangsungan hidup mereka yang berkelanjutan’.

Ancaman-ancaman ini termasuk penyakit seperti klamidia dan dampak perubahan iklim, meskipun harus diakui ini menjadi perhatian tidak hanya di NSW tetapi juga di seluruh negeri.

(Foto: Friends of The Earth Australia)

Anggota Dewan Legislatif dan ketua komite Cate Faehrmann mengatakan, pada The Guardian:

“Laporan ini harus menjadi game-changer untuk koala dan perlindungan habitat mereka di NSW. Laporan tersebut menemukan bahwa hilangnya habitat dan fragmentasi merupakan ancaman terbesar bagi koala, namun pada setiap kesempatan kami diberikan bukti yang menunjukkan bahwa undang-undang kami saat ini tidak memadai dan memfasilitasi pembukaan habitat inti koala.

“Strategi dan kebijakan yang ada saat ini untuk melindungi koala tidak berfungsi, seperti Strategi Koala NSW, yang gagal dalam memastikan habitat koala yang cukup dilindungi untuk populasi koala yang berbeda di seluruh negara bagian.”

“Harus ada peningkatan yang signifikan dalam habitat koala yang dilindungi dari penebangan, penambangan, pembukaan lahan dan pembangunan kota.”

(Foto: PA)

Pemerintah negara bagian menyambut laporan itu, tetapi tidak segera mengkonfirmasi mana dari 42 rekomendasi yang akan diambil.

Menteri Negara Lingkungan Hidup Matt Kean mengatakan, seperti yang dikatakan BBC: “Koala adalah hewan Australia yang terkenal di seluruh dunia dan harta nasional yang akan kami lakukan semampu kami untuk melindungi generasi mendatang.”

Mudah-mudahan ini akan terbukti menjadi langkah pertama dalam melindungi populasi koala dan membalikkan efek merusak yang diakibatkan oleh perubahan iklim dan penebangan hutan dalam beberapa tahun terakhir.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular