oleh Gu Xiaohua, Zhang Dun

Selama beberapa hari, suara misterius terus terdengar dari arah lembah dekat Desa Jianqiang, Xiushui, Provinsi Guizhou, Tiongkok. Suara itu menyebabkan kepanikan di antara penduduk setempat. Namun ribuan warga dari tempat lain tertarik untuk datang mendengarkan.

Seorang warga Desa Xiushui pada 2 Juli 2020 kepada reporter Epoch Times bahasa mandarin mengatakan penduduk setempat memang mendengar suara melenguh dari sapi yang muncul dari dalam gua. Suaranya sangat keras.

Warga itu mengatakan bahwa suara misterius itu mulai terdengar pada hari Jumat, tanggal  26 Juni 2020 yang lalu. Belakangan, puluhan ribu orang yakni para ahli, wartawan media, dan staf pemerintah, bergegas ke gunung untuk membuktikan kebenaran adanya suara aneh itu.

Menurut warga itu, suara mirip sapi melenguh itu umumnya mulai terdengar pada siang hari, 

“Siang, sore, seharian bisa terdengar,” katanya.

Menurut warga, suaranya juga membuat orang yang mendengarnya terasa merinding, penduduk setempat panik, dan mereka tidak berani mendekat atau melewati ketika orangnya sedikit. 

“Penduduk di sana sampai tidak berani tinggal di sana, mereka mengungsi ke tempat lain. Suara itu sangat keras, tetapi jadi agak berbaur dengan suara keramaian karena orang yang menyaksikan cukup banyak, dan kadang-kadang saya bisa mendengarnya seperti suara lenguhan sapi,” kata seorang warga.

Ada netizen yang menganggap suara misterius itu sebagai suara lembu yang sedang melenguh, ada yang bilang itu adalah suara naga, suara harimau dan sebagainya.

Penduduk setempat telah melaporkannya kejadian kepada pihak berwenang. 

Seorang reporter dari China News Agency mencoba menghubungi Kantor Propaganda Komite Partai Weining County pada 2 Juli pagi. Diketahui pejabat berwenang kota Weining telah mengirim delegasi yang terdiri dari tim pencegahan gempa bumi dan pengurangan bencana, tim sumber daya alam dan lainnya untuk melakukan investigasi di tempat. Disamping itu juga  menugaskan para ahli dari Institut Survei Teknik Kedua dari Biro Geologi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Guizhou untuk melakukan penyelidikan di lokasi.

Namun, setelah penyelidikan awal, kabar dari pejabat menyatakan tidak ditemukan adanya kegiatan geologi di sekitar sumber suara yang belum jelas diketahui. Tidak ada gejala yang jelas menjelang munculnya gempa bumi. Posisi lereng secara keseluruhan saat ini cukup stabil. Tidak diketahui dari mana asal suara misterius itu. Pihaknya hanya dapat menghimbau agar masyarakat tidak percaya pada desas-desus yang ada dan dilarang menyebarkannya.

Situs sina.com melaporkan pada 2 Juli sore bahwa dampak dari suara misterius itu, Desa Jianqiang, Xiushui menjadi populer karena banyak orang penasaran ingin mendengar suara misterius itu. Mereka tertarik  datang menyaksikan kebenarannya. Bahkan ada warga yang datang dari Kunming dan provinsi lain karena ingin melihat yang mereka sebut,  “naga”.

Menurut laporan  suara misterius itu sudah muncul selama beberapa hari. Ribuan orang yang datang setiap hari untuk menyaksikannya. Selain penduduk setempat, banyak orang yang sengaja datang dari luar kota. Namun sampai sekarang para ahli belum dapat menjelaskan alasan terjadinya kejadian itu secara ilmiah.

Laporan menyebutkan, meminta para ahli untuk segera mengungkap misteri suara melenguh itu.  (sin/rp) 

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular