Ntdtv.com- Banyak kecelakaan yang terjadi di dunia ini. Namun ada saja orang yang beruntung terhindar dari maut saat  bencana menimpa mereka.

Seperti kejadian kecelakaan laut,  yang sangat mengerikan dan tercatat kelam yang paling terkenal yakni tenggelamnya kapal penumpang mewah Titanic. 

Penumpang Titanic yang selamat tentu akan sangat bersyukur. Mereka pasti merasa cukup sekali saja mengalami ketakutan yang amat sangat dari kecelakaan laut itu. 

Namun, kalau sampai 3 kali mengalami kecelakaan laut dan masih saja selamat, maka orang ini bisa disebut ajaib. 

Violet Constance Jessop, layak disebut sebagai wanita ajaib yang telah 3 kali mengalami kecelakaan laut selama dirinya bekerja di perusahaan ekspedisi laut Inggris ‘British White Star Shipping Company’. 

Jessop layak dijuluki sebagai wanita yang tidak pernah tenggelam. Jessop lahir di Argentina pada bulan Oktober 1887. Orang tuanya berasal dari Irlandia. Jessop, yang lahir sebagai anak sulung pada masa kecilnya pernah terinfeksi virus TBC. Dokter juga mengatakan bahwa penyakitnya tidak dapat disembuhkan, tetapi ia tetap hidup selamat secara ajaib.

Saat Jessop berusia 16 tahun, ayahnya meninggal dunia. Jessop  kemudian bersama ibu dan adik-adiknya pindah dan bersekolah di Inggris. Karena ibunya bekerja sebagai seorang pelayan kapal pesiar dan menghabiskan banyak waktu di laut, maka ia harus membantu mengurus adik-adiknya. 

Ketika Jessop berusia 21 tahun, karena ibunya sakit, Jessop  keluar dari sekolah dan mulai bekerja sebagai pelayan di kapal pesiar. Sejak saat itu, ia memulai kehidupannya yang penuh keajaiban.

Pada tahun 1911, Kapal pesiar ‘RMS. Olympic’ tempat ia bekerja bertabrakan dengan kapal penjelajah ‘HMS. Hawke’. Beruntung Jessop tidak terluka dalam kecelakaan itu. 

Tepat setelah semua orang berpikir bahwa dia akan meninggalkan bayangan psikologis dan tidak akan kembali bekerja di laut, tanpa diduga dia kembali bekerja setelah beberapa bulan istirahat. Tempat tugas barunya itu adalah kapal Titanic.

Tanpa diduga, baru 4 hari bekerja di atas kapal Titanic, tragedi laut yang mengerikan itu terjadi. Pada saat itu, usia Jessop baru 25 tahun. 

Namun untungnya, Jessop bisa naik sekoci dan akhirnya berhasil diselamatkan. Terlepas dari tragedi Titanic yang dikenal sebagai salah satu tragedi terbesar dalam sejarah manusia itu, Jessop memilih untuk terus bekerja di atas kapal.

Waktu Perang Dunia I berkobar. Perusahaan yang dilayani oleh Jessop mengubah beberapa kapal pesiar mereka menjadi kapal rumah sakit, termasuk kapal  HMHS. Britannic.  Jessop telah menjadi seorang perawat wanita Palang Merah Inggris yang bertugas di atas kapal tersebut. 

Kapal HMHS. Britannic itu digunakan untuk melakukan perawatan dan membawa kembali ke Inggris para prajurit yang terluka dalam medan perang.

Tak disangka kapal Britannic tenggelam ke dasar laut setelah 57 menit menabrak ranjau pada 21 November 1916 silam. 

Pada saat itu, ada 1605 orang penumpang di atas kapal itu. 30 orang tewas di laut. Meskipun Jessop berhasil selamat, tetapi kepalanya terbentur baling-baling kapal. Saat itu ia berpikir benturan itu mungkin tidak terlalu bermasalah. 

Bertahun-tahun kemudian, setelah pergi ke dokter untuk memeriksakan kepalanya yang sering sakit, ia baru tahu bahwa tengkoraknya pernah mengalami retak. 

Setelah itu, Jessop tetap bekerja di perusahaan pelayaran itu sampai ia pensiun pada tahun 1950.  Jessop menetap di Inggris dan  pernah 2 kali berkeliling dunia setelah pensiun. 

Pada tahun 1971, Jessop, wanita yang sempat mengalami 3 kali kecelakaan laut itu baru meninggal dunia di usia 84 tahun karena gagal jantung. (sin/rp) 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular