Erabaru.net. Bioengineers di UCLA telah merancang sarung tangan berteknologi tinggi yang dapat menerjemahkan bahasa isyarat menjadi ucapan secara nyata melalui aplikasi smartphone.

Sarung tangan mengandung sensor yang membentang di sepanjang lima jari untuk mengidentifikasi setiap kata, frasa atau huruf seperti yang dibuat dalam Bahasa Isyarat Amerika.

(Jun Chen Lab / UCLA)

Perangkat kemudian mengubah gerakan jari menjadi sinyal listrik, yang dikirim ke papan sirkuit kecil yang dikenakan di pergelangan tangan. Papan mengirimkan sinyal-sinyal itu secara nirkabel ke telepon pintar yang menerjemahkannya menjadi kata-kata yang diucapkan dengan kecepatan sekitar satu kata per detik.

“Harapan kami adalah ini membuka cara mudah bagi orang-orang yang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang tanpa perlu orang lain menerjemahkan untuk mereka,” kata Jun Chen, asisten profesor bioteknologi di Sekolah Teknik UCLA Samueli. dan peneliti utama pada penelitian ini. “Selain itu, kami berharap ini dapat membantu lebih banyak orang belajar bahasa isyarat sendiri.”

Para ilmuwan juga menambahkan sensor perekat ke wajah penguji – di antara alis dan di satu sisi mulut mereka – untuk menangkap ekspresi wajah yang merupakan bagian dari Bahasa Isyarat Amerika.

(Jun Chen Lab / UCLA)

Sistem yang dapat dikenakan sebelumnya yang menawarkan terjemahan dari Bahasa Isyarat Amerika dibatasi oleh desain perangkat yang besar dan berat atau tidak nyaman dipakai, kata Chen.

Perangkat ini terbuat dari polimer yang ringan dan tidak mahal tetapi tahan lama. Sensor elektronik juga sangat fleksibel dan murah.

UCLA telah mengajukan paten atas teknologi tersebut. Namun, model komersial yang didasarkan pada teknologi ini akan membutuhkan tambahan kosakata dan waktu terjemahan yang lebih cepat, kata Chen.(yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular