Epochtimes, oleh Wang Xiang- Sejak wabah virus Komunis Tiongkok di Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun lalu, hampir 580.000 orang di seluruh dunia telah meninggal dunia akibat epidemi. Selain itu, lebih dari 13 juta orang telah didiagnosis terinfeksi oleh virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bermarkas di Jenewa mengirim tim ke Komunis Tiongkok pada awal Juli untuk menyelidiki asal-usul epidemi itu.

Penyelidikan hanya berfokus pada penyelidikan bagaimana virus ditularkan dari hewan ke manusia. Bahkan, tidak akan mencakup penyelidikan apakah virus itu bocor dari laboratorium virus Wuhan.

Menlu AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Rabu 15 Juli bahwa ia memperkirakan hasil investigasi WHO sepenuhnya dikaburkan oleh Komunis Tiongkok.

Pompeo mengatakan : “Ini adalah rezim yang tidak mengungkapkan informasi tentang virus yang mereka miliki – virus ini telah menewaskan lebih dari 100.000 orang Amerika, Sekarang, ini memungkinkan WHO untuk bekerja. Saya percaya ini akan menjadi penyelidikan yang sepenuhnya palsu.”

Pompeo juga mengatakan berharap dirinya salah. Ia berharap ini adalah penyelidikan menyeluruh dan bisa masuk lebih dalam, tetapi ia sudah melihat tindakan yang diambil oleh Komunis Komunis Tiongkok terhadap virus yang berasal dari Wuhan, dan mereka semua menyangkalnya.” 

Pompeo menambahkan, “Mereka  menghancurkan sampel, mereka menangkap wartawan dan dokter yang bersedia mengatakan kebenaran, tetapi mereka tidak diizinkan untuk melakukan apa yang harus dilakukan oleh negara yang benar-benar besar di panggung global: transparansi, keterbukaan, komunikasi, dan kerja sama. “

Saat ini, Amerika Serikat telah mengumumkan bahwa mereka akan secara resmi memulai proses penarikan dari WHO dalam setahun. Amerika Serikat sangat tidak puas dengan kegagalan WHO untuk memperingatkan epidemi pada waktunya dan memihak kepada Komunis Tiongkok.

Presiden AS Trump sekali lagi mengkritik kinerja WHO yang buruk dalam epidemi pada konferensi pers pada hari Selasa 14 Juli 2020 yang menyebutnya sebagai “boneka” dari Komunis Tiongkok.

Trump juga menegaskan bahwa Amerika Serikat mengharuskan otoritas Komunis Tiongkok bertanggung jawab. Dikarenakan “menyembunyikan” epidemi dan membiarkan virus menyebar di dunia. (Hui/asr)

Editor yang bertanggung jawab: Li Yuan #

Video Rekomendasi

Share

Video Popular