Erabaru.net. Seekor beruang liar di Meksiko yang terekam mengendus tubuh wanita bulan lalu telah ditangkap dan dikebiri.

Insiden yang terjadi di Taman Ekologi Chipinque di San Pedro Garza García, Meksiko, dan luar biasa tampaknya tidak ada yang terluka – wanita yang diendus benar-benar berfoto selfie dengan beruang hitam tu.

Dalam video yang diambil oleh seorang pejalan kaki, beruang itu dengan santai berjalan ke arah wanita muda itu dan mulai mengendus kakinya. Wanita itu tetap tenang dan berdiri diam saat beruang muda dengan kaki belakangnya yang terbukti memiliki tinggi yang sama dengannya.

Melanjutkan mengendusnya, wanita itu tetap diam tetapi dengan lembut mengangkat lengannya untuk mengambil foto selfie dirinya dan beruang itu.

Meskipun beruang itu digambarkan sebagai ‘ramah’ dan tidak membahayakan wanita itu, dia baru-baru ini ditangkap dan dikebiri, yang memicu kemarahan. Dia juga dipindahkan ke taman lain.

Keputusan itu diambil setelah ada laporan lain tentang beruang yang mendekati orang-orang, namun tidak diyakini ada orang yang dirugikan olehnya.

Beruang, yang dijuluki Chipi sesuai dengan taman tempat dia tinggal, ditangkap oleh pejabat dari badan perlindungan lingkungan federal (Profepa) setelah dia ketahuan sedang tidur di taman seseorang dan pemilik rumah memberi tahu mereka.

Dokter hewan di Autonomous University of Nuevo León memeriksanya dan memasangnya dengan kalung radio, serta mengebiri – sesuatu yang sedang diselidiki oleh Profepa, lapor BBC. Universitas telah membela tindakannya, mengklaim telah membahasnya dengan direktur jenderal Pengendalian Satwa Liar Profepa.

Para pejabat juga membela alasan pemindahan beruang tersebut, dengan menyatakan bahwa ia terbiasa diberi makan oleh manusia. Mereka juga mengklaim telah mengebiri dia untuk mencegah dia berkelahi dengan beruang lain begitu dia dipindahkan ke rumah barunya di Pegunungan Nido di negara bagian Chihuahua.

Beruang menjadi terbiasa dengan makanan manusia digambarkan sebagai ‘hukuman mati’ bagi mereka. Sementara Chipi telah dikebiri, seekor beruang malang yang dikenal sebagai Huckleberry disuntik mati di Vancouver, Kanada. Mirip dengan apa yang dialami Chipi, orang-orang menggunakan makanan untuk memancing beruang agar bisa berfoto dan merekam video.

Semoga setelah mendengar tentang Chipi dan Huckleberry, orang-orang akan berpikir dua kali untuk memberi makan beruang makanan manusia. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular