Erabaru.net. Para ilmuwan di Rusia telah menemukan seekor beruang gua dan anaknya yang diawetkan dengan sempurna, yang usianya diperkirakan 39.000 tahun.

Hewan, yang ditemukan oleh peternak rusa kutub di Siberia, telah disebut-sebut sebagai hewan yang ‘penting di dunia’, karena hanya tulang dari spesies tertentu yang telah ditemukan sebelumnya.

Lapisan es tersebut diperkirakan memungkinkan jaringan lunak beruang dewasa terawetkan dengan sempurna selama bertahun-tahun.

(Foto: NEFU)

Spesies beruang gua ini hidup di Eurasia dari sekitar 300.000 hingga 15.000 tahun yang lalu.

Berbicara kepada The Siberian Times, ilmuwan Dr. Lena Grigorieva menggambarkan penemuan beruang dewasa sebagai ‘yang pertama dan satu-satunya dari jenisnya,’ karena merupakan ‘bangkai beruang utuh dengan jaringan lunak’.

“Itu sepenuhnya diawetkan dengan semua organ internal di tempatnya. Foto-foto menunjukkan hidung beruang itu utuh, ” katanya. “Sebelumnya, hanya ditemukan tengkorak dan tulang. Penemuan ini sangat penting di seluruh dunia. “

(Foto: NEFU)

Sekarang, bangkai beruang tersebut akan dianalisis oleh para ilmuwan di North Eastern Federal University (NEFU) di Yakutsk, Rusia, yang saat ini memimpin penelitian terhadap mammoth dan badak berbulu yang telah punah.

Dr Grigorieva menambahkan:

“Kita harus mempelajari bangkai beruang menggunakan semua metode penelitian ilmiah modern – genetik molekuler, seluler, mikrobiologi, dan lainnya. Penelitian ini direncanakan berskala besar seperti pada penelitian mamut Malolyakhovsky.”

“Meskipun terlalu dini untuk mengetahui dengan tepat berapa usia beruang, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa beruang itu mungkin berasal dari interglasial Kargin, yang akan membuat beruang berusia antara 22.000 dan 39.500 tahun.”

(Foto: NEFU)

Maxim Cheprasov, peneliti senior, kandidat ilmu biologi di laboratorium Museum Mammoth, mengatakan :

“Analisis radiokarbon diperlukan untuk menentukan usia absolut beruang. Penulis temuan tersebut mengalihkan hak penelitian kepada para ilmuwan NEFU, di masa depan program ilmiah untuk studi komprehensifnya akan disiapkan.”

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuat penemuan besar dalam hal menemukan mammoth, badak berbulu, dan spesies lain yang telah lama punah, karena lapisan es terus mencair di Siberia.

Para peneliti di Yakutsk, yang kebetulan merupakan kota terdingin di dunia, sekarang percaya bahwa mereka akan dapat mengetahui lebih banyak detail tentang beruang itu, yang ditemukan di lapisan es di daratan Rusia.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular