Yan Feng dan Tian Rui – NTD

Kebakaran hutan telah menewaskan 29 orang di California, Oregon dan negara bagian Washington sebagaimana dilaporkan pada pada Sabtu 12 September 2020. Jumlahnya diperkirakan akan meningkat tajam. 

California dan Oregon memiliki angka kematian tertinggi. Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden AS Trump mendatangi California pada Senin 14 September untuk memeriksa bencana tersebut. 

Pada Jumat malam 11 September 2020, Presiden Trump men-tweet untuk berterima kasih kepada lebih dari 28.000 petugas pemadam kebakaran dan penyelamat lainnya, yang memadamkan api di California, Oregon dan Washington.

Setidaknya enam orang tewas di Oregon dan puluhan lainnya hilang. Pihak berwenang Oregon mengatakan bahwa area yang terbakar oleh kebakaran hutan telah meluas lebih dari 3.880 kilometer persegi dalam beberapa hari terakhir. Wilayah itu lebih luas dari Rhode Island dan hampir dua kali luas kebakaran hutan di tahun-tahun sebelumnya.

Gubernur Oregon Brown mengatakan bahwa lebih dari 40.000 orang telah dievakuasi. Selain itu, sekitar 500.000 orang berada di berbagai tingkat zona evakuasi. Pusat evakuasi dibuka di seluruh negara bagian di Oregon, dan Pusat Konvensi Oregon di Portland juga diubah menjadi pusat evakuasi.

Pihak berwenang merekrut sejumlah kecil penduduk Lyon dan Mill di negara bagian itu untuk membantu upaya penyelamatan.

Penduduk Lyon mengatakan : “Api membakar 360 derajat. Jaraknya hanya 1,22 meter dari kediaman. Rumah saya terbakar, tapi bisa dibangun kembali.”

Saat ini, ratusan petugas pemadam kebakaran sedang bekerja keras untuk mencegah kedua titik api itu bergabung di dekat daerah padat penduduk di Oregon. 

Mantan kepala departemen pemadam kebakaran negara diumumkan pada hari Sabtu dengan cuti berbayar. Beberapa jam kemudian, dia mengundurkan diri dan mantan wakil kepala diangkat sebagai kepala.

Kepala polisi negara bagian mengatakan bahwa krisis membutuhkan tindakan tanggap darurat. Oleh karena itu, diperlukan pergantian kepemimpinan.

Kebakaran hutan juga membawa bencana ekstrim pada hewan. Dokter hewan di Rumah Sakit Pusat Khusus Hewan Oregon Selatan telah merawat banyak hewan peliharaan dan ternak. 

Dokter hewan Applegate mengatakan bahwa meskipun beberapa staf harus dievakuasi atau keluarganya terkena dampak, para staf  masih bekerja. Hewan yang diterima oleh penampungan hewan puluhan hewan termasuk kuda, kambing, anjing dan kucing. (hui)

 

Share

Video Popular