- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Studi Baru : Menonton Video Hewan Lucu Baik untuk Kesehatan Anda

Erabaru.net. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, telah menemukan bahwa menonton video hewan lucu sangat baik untuk kesehatan Anda.

Tourism Western Australia dan University of Leeds bermitra untuk mengeksplorasi dampak fisiologis dan psikologis hewan lucu pada mahasiswa dan staf di University of Leeds.

[1]
(Foto: unsplash [2])

Sesi ini melibatkan 19 relawan – 15 siswa dan empat anggota staf – dan sengaja diatur waktunya selama ujian musim dingin, saat stres berada pada tingkat yang sangat tinggi.

Para peserta diminta untuk menyaksikan tayangan slide selama 30 menit yang memuat foto dan video klip berbagai hewan lucu, seperti anak anjing, anak kucing, dan quokka.

Dalam semua kasus, studi tersebut melihat tekanan darah, detak jantung dan kecemasan turun pada partisipan, 30 menit setelah menonton video.

[3]
(Foto: unsplash [4])

Denyut jantung rata-rata semua peserta turun dari 72,2 bpm menjadi 67,4 bpm: Penurunan denyut jantung 6,65% hanya dalam 30 menit.

Tekanan darah rata-rata di semua peserta turun dari 136/88 menjadi 115/71. Dalam persentase, ini menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik sebesar 14,9% dan tekanan darah diastolik sebesar 18,28%.

Tingkat kecemasan juga turun 35%, diukur menggunakan State-Trait Anxiety Inventory.

Dalam kuesioner pasca studi, beberapa komentar peserta antara lain:

“Saya merasa senang dan tenang”

“Saya ingin berada di pantai itu dengan benda-benda kanguru kecil (quokka)”

[5]
(Foto: unsplash [6])

 

Studi ini juga menemukan bahwa sebagian besar partisipan lebih menyukai klip video daripada gambar diam, terutama dari hewan yang berinteraksi dengan manusia.(yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi: