- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Xi Jinping 4 Kali Batuk-batuk dan 3 Kali Terhenti, Selama Berpidato Live pada Konferensi Zona Ekonomi Khusus Shenzhen

oleh Xiao Lusheng

Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping   menghadiri peringatan 40 tahun berdirinya Zona Ekonomi Khusus Shenzhen. Selama pidato sambutannya, Xi Jinping berkali-kali batuk dan berhenti berbicara. Karena wabah COVID-19 belum juga mereda, para hadirin dalam ruang semua menggunakan masker.

Pada 14 Oktober 2020, Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping berada di kota Shenzhen untuk menghadiri peringatan 40 tahun berdirinya Zona Ekonomi Khusus Shenzhen. Selama pidato sambutannya, Xi Jinping berkali-kali batuk dan berhenti berbicara. Karena wabah COVID-19 belum juga mereda, para hadirin dalam ruang semua menggunakan masker.

Upacara peringatan 40 tahun Zona Ekonomi Khusus Shenzhen yang dijadwalkan mulai pada pukul 10 pagi waktu setempat, tertunda setengah jam baru terlaksana. Sekitar setengah jam setelah acara dimulai, yaitu pukul 11.00 waktu setempat, Xi Jinping menyampaikan pidato sambutannya. Selama itu ia berkali-kali batuk.

Adegan pidato yang disiarkan langsung oleh China Central TV dan diposting lewat YouTube, kemudian dihapus oleh pihak berwenang Tiongkok.

Dalam rekaman grup media Epoch Times tercatat Xi Jinping 4 kali batuk-batuk dan sempat terhenti pidatonya sampai 3 kali.

Sekitar 44 menit dan 28 detik Xi Jinping berpidato, ia mulai batuk untuk yang pertama kalinya. Kemudian, kurang dari 1 menit, yakni 51 detik, yaitu, ketika pidato Xi Jinping berlangsung selama 45 menit dan 19 detik, ia mulai berhenti selama sekitar 13 detik dan kembali batuk. 

Setelah itu, hanya 1 menit dan 05 detik kemudian, Xi Jinping terbatuk untuk ketiga kalinya. Setelah batuk ini, hanya 48 detik, Xi Jinping berhenti lagi selama 13 detik dan batuk lagi untuk yang keempat kalinya.

Setelah batuk selama 2 detik, Xi Jinping kembali berhenti berpidato, sekitar 7 detik kemudian ia baru melanjutkan pidatonya. Selama periode tersebut, Xi Jinping meneguk air minum yang disediakan.

Saat siaran langsung, kamera China Central Television langsung diarahkan kepada hadirin yang ada di bawah podium selama Xi Jinping batuk-batuk dan menghentikan pidato. Namun, suara batuk Xi Jinping, memegang gelas minum dan meneguk air masih bisa terdengar dengan jelas. Dan 1 gambar batuk Xi Jinping masih dapat terlihat.

Sementara Xi Jinping tidak mengenakan masker saat berpidato dalam acara sambutan itu, namun seluruh pejabat yang hadir dalam acara pembukaan peringatan 40 tahun berdirinya Zona Ekonomi Khusus Shenzhen yang duduk dalam gedung menggunakan masker mengingat epidemi belum mereda. (sin)