Erabaru.net. Para ilmuwan diduga telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa paku penyaliban Yesus itu asli.

Menurut sebuah studi baru, pecahan paku yang diyakini telah digunakan untuk memaku Yesus di kayu salib selama penyalibannya terungkap memiliki jejak kayu kuno dan tulang manusia di atasnya.

Setelah pertama kali terungkap selama penggalian situs pemakaman Imam Besar Kayafas tahun 1990, pria yang bertanggung jawab merencanakan pembunuhan Yesus, serpihan-serpihan itu secara misterius hilang.

paku
(Foto: Pen News / Aryeh Shimron)

Diduga telah dicuri, mereka muncul kembali bertahun-tahun kemudian setelah pembuat film Israel Simcha Jacobovici mengklaim telah menemukan paku yang sama yang, katanya, digunakan untuk memakukan ikon di kayu salib, dalam dokumenternya, Nails of the Cross.

Para sarjana mengkritik klaim Jacobovici bahwa dia menemukan paku yang sama yang digunakan untuk memaku Yesus.

“Di dalam karat dan sedimen yang menempel pada kuku, kami juga mengidentifikasi dan memotret sejumlah fragmen tulang mikroskopis,” kata pembuat film itu. “Saya percaya bahwa bukti ilmiah bahwa paku digunakan untuk menyalibkan seseorang memang kuat.”

Studi terbaru menunjukkan bahwa pakunnya sebenarnya sama dengan yang hilang pada tahun 1990, dengan bukti yang menyiratkan bahwa pakunya dipakukan pada orang yang hidup.

(Foto: Pen News / Aryeh Shimron)

Dr Aryeh Shimron membuat penemuan baru, ketika membandingkan matrial dari paku dengan yang ditemukan di osuarium makam, yaitu kotak batu kapur sebagai alat untuk menyimpan tulang orang mati, yang ditemukan pada tahun 1990.

“Matrial yang masuk dalam gua berbeda secara halus dari gua ke gua tergantung pada topografi, komposisi tanah di area tersebut, iklim mikro dan vegetasi di sekitarnya,” katanya. “Akibatnya gua memiliki ciri fisik dan kimia yang berbeda.”

“Sifat fisik dan kimia dari bahan yang, selama berabad-abad, telah menginvasi makam dan osuariumnya diselidiki. Analisis kami dengan jelas dan tegas menunjukkan bahwa bahan-bahan ini secara kimiawi dan fisik identik dengan bahan yang, selama berabad-abad, juga melekat pada paku,” tambahnya.

Gagasan tentang sains dan agama yang bertabrakan memang agak aneh, dengan keyakinan dasar yang pertama bertentangan dengan segala sesuatu yang berpijak dengan Yesus dan Alkitab.

Kami menyerahkan kepada Anda untuk membuat penilaian sendiri tentang hal ini. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular