NTD

Lee Kang-hee, chairman Grup Samsung Electronics Korea Selatan meninggal dunia pada usia 78 tahun di Rumah Sakit Samsung di Seoul pada 25 Oktober karena menderita sakit. Lee Kun-hee terus berada dalam kondisi pemulihan kesehatan usai mendapat serangan jantung pada tahun 2014. Kemudian putranya bernama Lee Jae-yong yang bertindak sebagai wakil chairman mengendalikan grup.

Lee Kun-hee dilarikan ke rumah sakit pada tahun 2014 karena infark miokard akut. Ia kemudian menerima pemasangan stent jantung, tetapi tidak pernah meninggalkan rumah sakit sejak itu. Meski sempat terjadi koma selama 6 tahun, Lee Kun-hee masih mampu bernafas tanpa bantuan alat dan bisa merespon rangsangan suara dari luar. Tak jarang staf rumah sakit membawanya ke koridor terbuka untuk menghirup udara segar dengan bantuan kursi roda.

Selama Lee Kun-hee berbaring karena sakit, putranya Lee Jae-yong yang mengendalikan jalannya perusahaan. Grup Samsung mengumumkan bahwa upacara pemakaman akan dilangsungkan secara sederhana.

Menurut Wikipedia, Lee Kun-hee lahir di Daegu, Korea Selatan pada 9 Januari 1942. Pendidikannya meliputi Universitas Yonsei di Korea Selatan (lulus), Sarjana Ekonomi dari Universitas Waseda di Jepang, dan MBA dari Universitas George Washington di Amerika Serikat.

Lee Kun-hee adalah putra ketiga dari pendiri Samsung Lee Byung-chul dan merupakan ketua grup generasi kedua. Dia berada di peringkat ke-65 dalam Daftar Miliarder Global Forbes tahun 2019, dengan aset mencapai USD. 16,9 miliar.

Lee Kun-hee pernah dituduh menyuap mantan Presiden Korea Selatan Roh Tae-woo pada tahun 1989 dan 1992 serta dijatuhi hukuman percobaan selama dua tahun. Sebelum pemilihan presiden tahun 1997, ia mensponsori USD. 10 juta sebagai sumbangan politik untuk kandidat presiden Lee Hoe-chang, yang sempat menyebabkan keributan.

Pada bulan April 2008, setelah Lee Kun-hee didakwa dengan tiga tuduhan penggelapan pajak, pelanggaran kepercayaan, dan penyimpangan jabatan oleh Tim Penuntut Khusus Korea Selatan, dia mengumumkan pengunduran dirinya sebagai chairman Grup Samsung dan digantikan oleh Lee Soo-bin, ketua Samsung Life.

Anak-anak Lee Kun-hee termasuk Lee Jae-yong, Lee Lee Boo-jin, Lee Yoon-hyung dan Lee Seo-hyun.

Lee Kun-hee membangun zaibatsu no.1 Korea Selatan

Pada tahun 1966, Lee Kun-hee bergabung dengan Samsung Tongyang Broadcasting Company setelah kembali dari belajar di Amerika Serikat. Dua tahun kemudian, ia menjabat sebagai direktur Tongyang Broadcasting Company. Pada tahun 1978, ia dipromosikan menjadi wakil ketua Samsung C&T Corporation. Pada tahun 1979, ia dipromosikan menjadi wakil ketua Samsung Group. Ia mengambil alih sebagai chairman grup Samsung setelah kematian ayahnya Lee Byung-chul pada tahun 1987. 

Samsung saat ini adalah konsorsium keluarga terbesar di dunia, yang disebut zaibatsu, dan merupakan ekonomi terbesar ke-12 di dunia dengan pendapatan keseluruhan Samsung setara dengan 1/5 dari produk domestik bruto (PDB) negara, yang memainkan peran penting dalam ekonomi Korea Selatan.

Saat ini, pemimpin Samsung yang sebenarnya adalah Lee Jae-yong. Pada tahun 2017, Lee Jae-yong dijatuhi hukuman 5 tahun penjara karena terlibat dalam skandal politik Korea Selatan tahun 2016 yang membuat jatuhnya mantan Presiden Park Geun-hye. Namun, dia mengajukan banding untuk menghapus sebagian besar dakwaan dan dibebaskan setelah hampir setahun ditahan.

Kasus Lee Jae-yong saat ini masih dalam persidangan ulang. (Sin)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular