Erabaru.net. Sebuah laporan berita viral tentang seorang wanita yang mengklaim telah menemukan butiran plastik yang dicampur dengan butiran beras sekali lagi menghidupkan kembali tuduhan tentang beras palsu Tiongkok.

Desas-desus tentang pedagang beras Tiongkok yang licik dengan mencampurkan butiran beras plastik dengan yang asli untuk meningkatkan keuntungan dengan mengorbankan kesehatan konsumen telah menyebar secara online setidaknya selama satu dekade.

Beberapa waktu lalu banyak media yang mengulas tentang tuduhan seputar beras palsu dari Tiongkok “murah tapi menguntungkan” yang diekspor ke negara-negara Asia, termasuk Singapura, Indonesia, Vietnam, dan India, tetapi bahkan pihak berwenang tidak dapat mengkonfirmasi atau menyangkal rumor ini.

Sekarang, kasus serupa sekali lagi membawa apa yang disebut “beras palsu” kembali menjadi sorotan.

Media Tiongkok baru-baru ini melaporkan pengalaman seorang wanita dari Jiaozhou, Povinsi Shandong, yang dilaporkan membeli sekantong beras Wuchang seberat 10 kg, dan mengetahui bahwa itu berisi potongan plastik putih yang dicampur dengan butiran beras asli.

Wanita, yang diidentifikasi hanya sebagai Liu, mengatakan bahwa dia makan nasi dari kantong beras itu dua kali setelah membukanya, tetapi setiap kali dia memakannya, dia merasakan plastik.

Awalnya, dia menyalahkan yang menanak nasi, tetapi saat dia mencuci beras sambil menyiapkan makan malam beberapa hari yang lalu, dia melihat sesuatu yang aneh.

Wanita itu mengatakan bahwa dia melihat sekelompok benda berbentuk butiran seperti plastik yang mengambang di permukaan air, dan setelah diperiksa lebih lanjut dipastikan bahwa itu bukanlah butiran beras.

Dia dan keluarganya menguji beras asli dan butiran misterius itu dengan membakarnya dengan korek api, dan memperhatikan bahwa sementara nasi berubah menjadi arang, butiran misterius itu terbakar dan meleleh seperti plastik.

Liu membawa sisa beras kembali ke toko tempat dia membelinya dan meminta penjelasan, tetapi pemilik hanya mengangkat bahu.

Mereka mengatakan bahwa mereka telah membeli beras merek itu dari orang yang sama, Tan, selama bertahun-tahun dan tidak pernah memjumpai keluhan karena itu.

Pemilik toko bahkan setuju untuk membuka kantong beras lain seperti yang dibeli Liu untuk memeriksa beras, tetapi mereka tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan.

Meskipun skandal beras plastik belum dapat dikonfirmasi, foto dan video dugaan penemuan Liu telah menjadi viral di media sosial Tiongkok, sekali lagi masalah ini menjadi sorotan.

Kasus ini mendapat begitu banyak perhatian sehingga departemen pengawasan pasar Jiaozhou telah mengumumkan penyelidikan atas masalah tersebut.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular