Wen Pinrong

Spirit dari paru-paru terletak pada Po (dibaca: Bo, 魄 ), artinya Po bersemayam  di  dalam paru-paru. Ketika seseorang bekerja dengan tangkas dan tegas, dalam  bahasa Mandarin ia akan dipuji atas kekuatan  Po-nya (魄力); ketika seseorang dengan karakter terbuka  dan   terus   terang,  memiliki pandangan jauh ke depan dengan pola terstruktur, ia akan dipuji memiliki energi  Po  (氣魄).  Tetapi  begitu  seseorang  kehilangan  pola  standar,  maka  julukannya  akan berubah menjadi “paru-paru” payah/tak berguna (窩囊肺).

Seorang  kakek  (72),  telah  menderita flu selama 2 tahun tidak juga membaik. Dalam enam bulan terakhir ini, ia hampir tidak bisa bernapas, menggunakan ambulans untuk mengirimnya ke unit perawatan intensif  telah  sebanyak enam  kali, enam kali berada diambang pintu alam baka. 

Sang kakek menderita paru-paru basah yang parah pada 10 tahun lalu, ia merokok tembakau produk luar negeri secara teratur, setelah menderita paru-paru basah, beralih ke rokok produk domestik. 

Pada suatu hari di musim panas, penyakit kakek kumat padahal tidak melakukan apapun, secepatnya dikirim ke unit gawat darurat. Putrinya yang tinggal di Taiwan Utara datang ke klinik dan harus segera kembali ke selatan untuk menjenguk sang ayah serta meminta saya untuk memberikan obat kepada ayahnya. 

Biasanya sebelum melihat seorang pasien, saya tidak akan menuliskan resep, tetapi melihat kesalehan anak yang memohon tersebut, setelah melihat foto ayahnya yang dikirim via ponsel dan mendengarkan perihal penyakitnya, saya memberikan resep herbal untuk 3 hari, dan memperkenalkan dokter setempat kepadanya, meminta kakek untuk menemui dokter tersebut.

Ketika putrinya kembali ke klinik, dia mengatakan bahwa ayahnya biasanya dirawat di rumah sakit selama 6 hingga 8 hari, tapi kali ini,  ayah  tidak  sesak  lagi di hari berikutnya setelah minum obat saya, ia menolak untuk dirawat inap di rumah sakit dan bersikeras untuk pulang, malah bertanya kepada putrinya: “Apakah herbal tersebut dicampur dengan bahan kimia? Kenapa pengaruhnya bisa begitu cepat?”Anak perempuan itu tersenyum sembari menjawab: “Ayah mengonsumsi obat barat juga tidak begitu cepat sembuh. Mengapa harus dicampur obat barat?” Si ayah yang baik hati berpikir bahwa obat itu sangat efektif, maka membagikan obatnya kepada pasien lain. Ketika mendengar hal itu, saya pun mengeluarkan keringat dingin dan berkata dengan cemas: “Sama sekali tidak boleh, obat tidak boleh sembarangan diberikan kepada siapa pun!” Untungnya, pasien lain tidak menerima kebaikannya.

Setelah si kakek boleh diperbolehkan pulang dan kembali ke desa, dia yang biasanya berjalan saja dengan susah payah, berbicara pun nafasnya sesak, ternyata di pagi buta sudah menghilang, semua orang menjadi panik dan berpencar mencarinya, rupanya kakek pergi ke hutan untuk menebang pohon, semua orang yang menyaksikannya pada berkeringat dingin! Kakek itu benar-benar tidak bisa menganggur, begitu badannya sehat sedikit ia sudah langsung tidak bisa duduk diam. 

Bapak tua itu dirawat oleh dokter yang penulis referensikan, setelah sebulan berlalu, ia merasakan telah memiliki energi untuk bepergian jauh, ia ingin ke klinik penulis secara langsung.

Sosok penampilan kakek pendek dan gesit, berkulit gelap, bagian pupil matanya berwarna keruh, ketika berbicara meski tercampur sesak napas, tetapi suaranya nyaring bagai genta, betul-betul kakek dari desa yang tulen, dia yang begitu rajin bekerja kenapa bisa menderita asma? Ketika saya bertanya kepadanya: “Kakek, apakah Anda pernah terapi akupunktur?  Beranikah Anda ditusuk jarum? Efek pembenahan aliran Qi dari terapi akupunktur ini sangat baik!” Dia mengamati sejenak jarum dan menjawab: “Jarum yang begitu kecil, tidak takut! Silahkan dimulai!” Ternyata benar- benar seorang kakek pemberani!

Penanganan   akupunktur:   pengobatan asma,  tusuk  titik  Yuji,  dapat  mengurangi Qi  dalam  paru-paru,  sehingga  ginjal  bisa menerima  Qi,  untuk  melindungi  sumber imunitas  tubuh  maka  ditambah  tusuk  titik   Neiguan;   ketika   menderita   serangan akut  asma,  dapat  melepaskan  darah  dari titik-titik:   dàchuí,   dà   Zhù,   fēngmén,   fèi yú, shēnZhù di bagian punggung; biasanya sakit asma dari manula, karena kekurangan   Qi   dari   ginjal   yang   bergejala   tidak bisa   menerima   Qi   dan   untuk   menguatkan ginjalnya, maka tusuk titik: Qihai dan Guanyuan;    untuk    meningkatkan    mekanisme  Qi  dan  menurunkan  serta  membenahi asma, tusuk titik Baihui dan Tiantu; memperkuat  limpa  dan  lambung  dengan prinsip  unsur  tanah  bersifat  menumbuhkan  dan  logam  memperkokoh  paru-paru, tusuk  titik  Hegu  dan  Zusanli;  membuyarkan angin dan menguras paru, tusuk titik Fengchi dan Lieque; memperkuat jantung, membuka  Qi  pada  dada  dan  paru-paru, tusuk titik Neiguan dan ShanZHong, ujung jarum  pada  titik  Neiguan  diposisikan  ke arah  jantung;  sesak  biasanya  diiringi  dengan   sindrom   kembung   dan   berdahak, tusuk  titik  Zusanli  dan  Fenglong,  setiap kali bergantian titik akupunkturnya, dapat ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan berat/ringannya penyakit.

Mengajari kakek moksibusi titik Shan- ZHong, Feiyu dan Guanyuan. Jika sesaknya berat, gigit ujung lidah, tekan titik akupunktur Yuji, atau cubit/tekan ke dua sisi kuku jari kelingking, kemudian berkumur air hangat dan ginseng. 

Selain itu, gunakan 5 gr gouqi, 5 biji kurma merah (angco), 2 iris jahe, 500 ml air, masak selama 20 menit, lalu tambahkan bubuk akar teratai dan masak lagi selama 5 menit diminum seperti meminum teh.

Resep herbal: Bupleurum memiliki efek seperti steroid, kakek sering pilek, menyebabkan Qi pada Shaoyang Yangming tidak lancar,  menggunakan  Da  Chai  Hu  Tang, sup  ini  sangat  cocok  untuk  mengobati  jenis tubuh pendek, gemuk dan kasar, yang dapat  mengurangi  ketegangan  otot  sfingter  dan  mengurangi  efek  naiknya  dahak; kakek  menderita  emfisema,  pernah  efusi pleura,  juga  fibrosis  paru,  harus  menggunakan energi darah untuk mencairkan dahak, dan memancing energi negative keluar ke permukaan, lantas gunakan obat guì Zhī fúlíng wán; flu jangka panjang tubuh sulit sembuh  pertanda  lemah,  ditambah  sering haus,  lokasi  sakit  berada  di  lambung,  gunakan  Zhú  yè  shígāo  tāng,  atau  gipsum (CaSO4·2H2O)    rasa    tunggal.    

Gunakan obat-obatan herbal dalam PTT (Pengobatan Tradisional  Tiongkok)  yang  dimodernisasi menjadi  bentuk  siap  pakai  seperti  tablet, larutan  oral  atau  suspensi  kering,  sebagai lawan  dari  herbal  yang  memerlukan  memasak, jika asmanya parah, makan 2 paket sekaligus dan 2 jam sekali.

Kedua kalinya ke klinik, asma si kakek jauh berkurang, tetapi ketika bersuara masih mengandung dahak. Meskipun kondisi kakek jauh lebih baik, istrinya yang menemani dia datang wajahnya penuh ketidakpuasan dan dengan marah berkata: “Dia sejak lama makan sirih, merokok, bermain wanita, dan suka berjudi, menderita penyakit adalah hal yang wajar! 

Begitu agak sembuh langsung pergi main kartu, benar-benar tua bangka tak berguna!” Saya menepuk punggung si nenek dan berkata, “Kakek sungguh beruntung, memiliki istri yang baik, memiliki sandaran kuat, Anda pasti mengenyam banyak penderitaan! Tetapi, masa lalu biarkan berlalu, jangan terus membongkar masa lalu, dengan demikian kehidupan kalian berdua juga akan susah. Jika kakek dalam keadaan sehat, maka Anda tidak akan begitu terbebani!” Sang nenek masih sangat kesal dan tidak terima, suami-istri yang saling berutang!

Satu setengah bulan kemudian, setelah terapi akupunktur dan minum obat, jumlah gangguan asma sang kakek berkurang banyak, begitu ada waktu luang dia menyempatkan diri datang berobat, kekuatan Po-nya tiada berbekas lagi, tidak beringas lagi, juga telah menjadi “paru-paru” tak berguna. (Hui)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN NEWS SEHAT

Video Popular