Pernahkah Anda menonton film “Gadis Kecil Berbaju Merah” atau dalam judul aslinya The Tag-Along?

Film The Tag-Along seketika menjadi viral saat dirilis pada tahun 2015 silam. Box office di Taiwan mencapai lebih New Taiwan Dollar – NTD 85 juta atau sekitar Rp. 41,6 miliar kurs sekarang. 

Sebenarnya, The Tag-Along bukan hanya sekadar film, tetapi sebuah film yang diangkat ke layar lebar dari sesosok makhluk yang benar-benar terekam kamera ketika itu.

Kemunculannya saat itu sempat membuat geger Taiwan. Banyak media dan program TV berlomba-lomba memberitakannya. Dua puluh tahun kemudian di saat ini, mungkin banyak orang yang secara perlahan-lahan telah melupakannya. Hari ini mata ketiga akan berbincang-bincang sejenak legenda urban Taiwan ini. 

 Gadis kecil berbaju merah.

 Pada 1 Maret 1998, sekelompok keluarga bermarga Lǚ (Baca : Lii) rekreasi bersama ke pegunungan di daerah wisata Dakeng (Baca: Ta Kheng), Kota Taichung, Taiwan. Salah satu anggota keluarga merekam momen yang menyenangkan itu dengan Sony Karera V8. 

Tak disangka, sepuluh hari kemudian, sang kakak ipar yang semula terlihat sehat dan jarang jatuh sakit itu tiba-tiba meninggal secara misterius. Di saat mengurus pemakaman sang kakak ipar, beberapa anggota keluarga yang ingin mengenangnya, kemudian menonton video yang sempat diabadikan saat mendaki pegunungan. 

Saat itu, mereka melihat gigi kakak iparnya seperti taring. Dan tidak hanya itu, mereka juga melihat seorang gadis kecil berbaju merah. 

Gadis kecil dalam video itu terlihat agak menyeramkan, apalagi tidak ada seorangpun di antara semua anggota keluarga mengenal gadis kecil ini. Kebetulan program TV tentang dunia gaib di Taiwan sangat popular setelah 1999 ketika itu.

Setelah merundingkannya, keluarga Lii memutuskan untuk mengirimkan video tersebut ke unit produksi TV Taiwan. Mereka berharap mengetahui apakah kematian kakak ipar mereka berhubungan dengan gadis kecil berbaju merah melalui program TV tersebut. Untuk mempelajari lebih lanjut peristiwa itu,  produser program, Ling Zhiwen, mengirim tim ke daerah wisata Dakeng (Baca: Ta Kheng), Kota Taichung, Taiwan untuk menanyakan pada warga setempat apakah ada yang mengenal gadis kecil berbaju merah itu. Namun warga dan pedagang setempat mengatakan mereka tidak pernah melihat   gadis cilik berbaju merah itu. Menurut mereka, gadis itu  bukan warga setempat.

Sampai kemudian unit produksi ke sekolah dasar terdekat dan berkat bantuan pihak sekolah tim produksi menemui seorang bocah laki-laki yang mengaku pernah melihat gadis kecil berbaju merah itu. Bocah laki-laki itu menceritakan, saat itu kebetulan hari Minggu, dia melihat seorang gadis kecil berbaju merah mengendarai sepeda di depan gerbang sekolah. Dia mengikuti gadis kecil itu, tetapi anehnya beberapa saat kemudian gadis kecil itu lenyap entah kemana. 

Setelah program TV tersebut disiarkan,  seketika membuat geger seluruh Taiwan dan bahkan menjadi topik berita saat itu. Tim produksi juga memasang pemberitahuan tentang orang hilang di balik program tersebut. Mereka berharap dapat menemukan gadis kecil berbaju merah itu  dan melihat  gadis kecil berbaju merah yang dipenuhi dengan raut wajah  ekspresi magis. Karena gadis kecil berbaju merah tidak pernah ditemukan, ada yang bahkan meyakini bahwa itu adalah kejadian gaib.

Rangkuman tersebut di atas adalah kronologi singkat dari kisah tentang gadis kecil berbaju merah. Selanjutnya mari kita bedah sejenak video ini. 

 Taring kakak ipar 

Dari penggalan video pertama bisa dilihat taring sang kakak ipar itu sebenarnya tidak seperti taring yang biasa kita lihat. Beberapa ahli bahkan menganalisis bahwa itu mungkin bayangan yang disebabkan oleh cahaya yang tidak mencukupi atau sisa makanan pada gigi sehingga menimbulkan fenomena seperti taring. Lagipula ketika kita menoleh sedikit ke belakang, kita dapat dengan jelas melihat gigi sang kakak ipar ini sebenarnya bukanlah taring.  

Gadis kecil berbaju merah selalu ada di. . . ?

Sejak awal, gadis kecil berbaju merah sudah berada di belakang barisan keluarga Lii. Tidak ada seorang pun di belakang gadis kecil berbaju merah, setidaknya kita tidak melihat keluarga gadis kecil berbaju merah itu dalam video. 

Larangan/pantangan ketika mendaki gunung 

Jika diperhatikan dengan cermat, kita akan melihat pundak seseorang dalam video itu ditepuk sebentar dan orang ini adalah kakak ipar bermarga Lii yang meninggal 10 hari kemudian sejak kejadian itu. 

Peristiwa itu mengingatkan tentang pantangan dalam mendaki gunung di Taiwan, yaitu tidak boleh menepuk bahu orang yang ada di depan Anda. Saat itu, wanita yang berjalan di belakang kakak iparnya itu hampir terjatuh dan sempat menepuk pundaknya.

Adapun mengenai ada tidaknya hubungan kematian kakak ipar bermarga Lii dengan gadis kecil berbaju merah? Pakar yang tidak sama punya pendapat yang berbeda juga. Di sini ditegaskan bahwa kebiasaan yang didengar sejak kecil tidak berarti bahwa tindakan menepuk bahu seseorang menyebabkan kematian ipar bermarga Lii di atas.

Banyak pantangan dalam cerita rakyat Taiwan saat mendaki gunung. Pada kesempatan ini, mata ketiga akan memberi penjelasan dari cerita rakyat dan pandangan ilmiah tentang pantangan menepuk pundak seseorang. 

Menurut legenda turun temurun, konon katanya, setiap orang memiliki tiga pelita di kepala mereka. Ini merujuk pada kepercayaan orang Tionghoa.

Ada  yang mengatakan di dahi atau di bahu kiri dan kanan. Selama ada tiga pelita ini, maka orang-orang yang telah meninggal termasuk iblis tidak bisa menjamah Anda, karena itu mungkin sebaiknya tidak menepuk bahu seseorang saat mendaki di pegunungan atau tempat yang angker. 

Sementara dari pandangan ilmiah adalah, bahwa seseorang akan terkejut seketika saat bahunya ditepuk secara tiba-tiba, menyebabkannya merasa tidak nyaman dan memicu penyakit lain. 

Ada juga rekan pendaki gunung, mengatakan bahwa mendaki gunung kerap dipenuhi dengan bahaya yang tidak terduga. Jika tiba-tiba menepuk bahu seseorang, dan saat orang yang ditepuk ini menoleh ke belakang atau tidak memperhatikan kondisi jalan di depan karena terlanjur terkejut sebelumnya, kemungkinan besar akan menyebabkan kecelakaan yang tak terduga. 

Meskipun program tersebut sempat menimbulkan kegelisahan saat disiarkan, namun, karena gadis kecil berbaju merah tidak dapat ditemukan, membuat banyak yang mengira bahwa gadis kecil berbaju merah adalah Mô͘-sîn-á/ bahasa daerah Taiwan, yakni semacam hantu atau roh halus/siluman yang memikat manusia tersesat di pegunungan dalam cerita rakyat yang beredar luas di Taiwan dan Fujian, Tiongkok.

 Mô͘-sîn-á atau makhluk halus adalah cerita rakyat di Taiwan dan Fujian. Legenda mengatakan bahwa Mô͘-sîn-á adalah sejenis makhluk halus atau siluman yang ada di pegunungan, sering kali menampakkan diri di hutan pegunungan, di tepi sungai. 

Di Jepang juga ada legenda yang mirip dengan Mô͘-sîn-á yang disebut Spirited Away. Bagi penggemar film animasi Jepang pasti tidak asing lagi saat mendengar Spirited Away? Benar! Film animasi karya sutradara ternama Jepang Hayao Miyazaki ini bercerita tentang kisah seorang gadis berumur 10 tahun bernama Chihiro dan kedua orangtuanya yang masuk ke sebuah tempat yang terlihat sebagai sebuah taman hiburan yang terabaikan. 

Setelah kedua orangtuanya berubah menjadi babi raksasa, Chihiro bertemu dengan sosok misterius Haku yang menjelaskan kepadanya bahwa tempat mereka berada adalah sebuah resort di mana makhluk supernatural beristirahat dari alam duniawi.

Menurut Wikipedia, perawakan Mô͘-sîn-á pada umumnya pendek tapi lincah, berbusana anak-anak, ada juga yang  mengatakan ia adalah seorang wanita tinggi langsing dengan wajah pucat pasi. Namun, dalam cerita rakyat, Mô͘-sîn-á sebenarnya adalah siluman yang sangat nakal. Umumnya, suka menggoda orang tua dan anak-anak sehingga berhalusinasi, kemudian pergi ke hutan pegunungan tanpa disadari.

Keunikan dari Mô͘-sîn-á adalah tidak takut pada matahari, mereka bisa bergerak bebas di siang hari. 

Mengenai video tentang gadis kecil berbaju merah itu apakah Mô͘-sîn-á atau bukan, semua tergantung pada pandangan individu masing-masing. 

Nah , itulah asal mula gadis kecil berbaju merah dalam legenda urban Taiwan. Menurut Anda apakah gadis kecil berbaju merah itu benar-benar kejadian supernatural? Atau hanya kesalahpahaman? (jon/rp)

Sumber : berbagaisumber

Video Rekomendasi :

 

 

Share

Video Popular