JOSEPH PUBILLONES

Siapa yang belum pernah mendengar pepatah Beauty is in the eye of the beholder (“Kecantikan  ada  di  mata yang melihatnya.”) Pepatah lama ini cocok untuk hampir semua perhatian dalam keindahan. 

Namun, banyak kontroversi tentang arti keindahan dan warna yang sesuai untuk eksterior rumah. Sebagian besar pemilik rumah menganggap masalah ini sebagai salah satu preferensi pribadi, dan itu benar sampai batas tertentu.

Pemilik rumah terkadang gagal untuk melihat pentingnya memilih warna, yang berdampak pada ranah publik. Sesuatu yang sederhana seperti warna pada eksterior rumah memiliki dampak selama 5 sampai 10 tahun, yang merupakan umur pekerjaan cat yang baik.

Gaya arsitektur harus menjadi salah satu elemen utama yang dipertimbangkan saat memilih warna untuk sebuah rumah. Secara umum,semakin kompleks atau canggih gaya arsitektur  tertentu, skema warnanya   harus semakin lembut. 

Gaya arsitektur yang lebih sederhana dapat memilih skema yang lebih berwarna- warni dan memiliki kepekatan tinggi, yang akan menutupi detail arsitektur yang tidak dimiliki rumah tersebut. Gaya arsitektur yang lebih rumit untuk dinikmati atau rumah yang tidak memiliki gaya arsitektur tertentu memiliki keuntungan dari skema warna “apa saja” atau warna putih maupun netral yang sederhana.

Mempertimbangkan detail arsitektural  yang  menarik  dan  skema warna yang ada di seluruh area merupakan faktor penting lainnya saat memilih warna untuk rumah Anda. Beberapa pemilik rumah, mungkin kebingungan dengan apa yang harus dilakukan karena mereka memper- timbangkan apa yang dianggap selera bagus atau memilih warna mencolok agar tampak segar.

Daya tarik visual sebuah rumah saat dilihat dari  jalan jelaslah  satu hal yang diinginkan sebagian besar pemilik rumah. Pemilihan warna dapat memengaruhi cara seseorang memandang lingkungan. Daya tarik visual dapat memikat calon pemilik rumah ke area atau lingkungan tertentu. 

Warna rumah dapat memberikan identitas pada lingkungan atau distrik tertentu dan berbicara banyak tentang apakah daerah tersebut termasuk stabil dan mapan atau lingkungan pinggiran yang sedang naik daun. Tak perlu dijelaskan lagi, Anda dapat melihat bagaimana warna dapat memengaruhi nilai rumah dan daya jual suatu lingkungan.

Dalam pengembangan suatu perusahaan, umumnya memiliki skema warna yang telah ditentukan sebelumnya untuk menjaga citra terpadu dalam lingkungan tersebut. Beberapa orang mungkin menganggap hal ini terlalu ketat atau kurang imajinasi. 

Di sisi lain, ketika Anda membeli rumah, Anda telah dijamin dengan standar estetika tertentu tanpa kejutan. Di luar lingkungan perumahan, warna adalah sesuatu yang sangat sulit diatur, bahkan di distrik bersejarah.

Bagi mereka yang ragu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendekati dilema memilih warna yang sesuai untuk rumah Anda.

Yang pertama agak ilmiah: Cobalah untuk mengikis lapisan cat sampai mencapai balok, batu bata, atau plesteran apa pun yang menutupi rumah. Jika berhasil, terkadang Anda dapat melihat lapisan cat yang berbeda dan mengambil sampelnya ke toko cat setempat, di mana mereka memiliki komputer untuk mencocokkan warna aslinya.

Metode lain adalah dengan melakukan studi tentang jenis arsitektur rumah Anda dan melihat melalui foto dan buku tentang arsitektur tentang warna apa yang biasanya digunakan untuk gaya itu.

Terakhir, pendekatan ketiga ini melibatkan konsultan warna profesional, bisa seorang seniman, arsitek, atau pelestari sejarah.

Berikut beberapa tip, jika Anda ingin melakukannya sendiri.

Tip No. 1: Belilah beberapa kaleng dengan warna yang berbeda, dan pilih area terpisah di rumah Anda untuk mencoba beberapa  pilihan. Mintalah pendapat beberapa tetangga; ini akan membantu Anda mempersempit pilihan akhir Anda.

Tip No. 2: Jangan pernah mencoba meniru skema warna rumah lain dalam jarak lima menit berjalan kaki.

Tip No. 3: Sebaiknya Anda tidak menggunakan lebih dari tiga warna berbeda (pada dinding, trim, dan pintu). (feb)

Joseph Pubillones adalah pemilik Joseph Pubillones Interiors, firma desain interior pemenang penghargaan yang berbasis di Palm Beach, Florida. Untuk mengetahui lebih lanjut  tentang Joseph  Pubillones, atau untuk membaca fitur penulis dan kartunis Creators Syndicate lainnya, kunjungi situs web Creators Syndicate di Creators.com. Hak Cipta 2020 Creators. com.

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular