Erabaru.net. Seekor singa kelaparan yang tinggal kulit dan tulang ditemukan oleh pengunjung yang terkejut di sebuah kebun binatang di Nigeria bersama sejumlah hewan lainnya yang kekurangan makan.

Setelah penemuan oleh pria itu, sebuah badan amal satwa liar telah memulai misi penyelamatan dari kebun binatang horor itu dalam upaya untuk menyelamatkan nyawa singa jantan yang kekurangan gizi parah.

Pria itu mengunjungi Kebun Binatang Gamji Gate di Kaduna, Nigeria, dan terkejut menemukan kondisi hewan-hewan yang ada di sana.

Setelah membayar biaya masuk satu dollar ke kebun binatang milik negara itu, dia menemukan seekor singa kurus – yang tampak seperti di ambang kematian – dikurung di dalam kandang semen.

“Saat pertama saya melihat hewan itu, saya merasa terkejut, ” kata pria itu, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada Jam Press. “Saya sangat terkejut. Saya merasa sangat ngeri dan gelisah karena ini pertama kalinya saya melihat singa hidup.”

“Sepertinya, sebagian besar hewan di kebun binatang tidak diberi makan dengan baik. Mereka kurang perawatan yang tepat atau saya menyebutnya malnutrisi,” tambahnya.

Merasa ngeri oleh pemandangan tersebut, pria itu merekam temuannya dan segera menghubungi badan amal kesejahteraan hewan WildatLife.e.V untuk membantu menyelamatkan singa tersebut.

Rekaman dan fotonya menunjukkan singa itu tampak sangat kurus dengan tulang rusuknya terlihat menonjol dari perutnya.

Ini sangat kontras dengan singa jantan dewasa biasa, yang beratnya sekitar 190 kg, sementara singa betina umumnya memiliki berat sekitar 130 kg.

Singa, dinamai Zaki oleh badan amal, dalam kondisi kritis dan dibiarkan menderita di luar pemahaman.

Namun, WildatLife.e.V bekerja bersama Asosiasi Taman Zoologi Nigeria yang telah membantu mereka menemukan dokter hewan satwa liar dan memberi tahu pihak berwenang, yang sedang menyelidiki masalah ini dengan segera.

Seorang juru bicara dari WildatLife.e.V mengatakan: “Dokter hewan telah dikirim dan memberikan bantuan medis kepada singa tetapi dia akan membutuhkan perawatan lebih lanjut yang akan dibayar oleh LSM WildatLife.”

“Jika Zaki selamat dari cobaan berat ini, LSM kami telah menawarkan untuk memindahkannya ke tempat perlindungan yang akan membuatnya berkembang.”

“Tetapi dalam kondisinya yang sekarang kritis, tidak memungkinkan untuk memindahkannya, kami harus bekerja sama dengan pejabat Nigeria agar masalah ini ditangani secara internal.”

Sayangnya, sejumlah hewan lain di kebun binatang tersebut tampak dalam kondisi kesehatan yang buruk dan juga kekurangan gizi. LSM tersebut mengatakan kondisi dan kandang sama sekali tidak sesuai.

Namun, singa adalah kasus paling mendesak dan mengejutkan yang pernah dilihat LSM tersebut.

Tidak jelas apakah kebun binatang akan tetap buka setelah penemuan itu.(yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

 

Share

Video Popular