- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Petisi Diluncurkan untuk Menyelamatkan Joe, Merpati Balap yang Terbang 13.000 Kilometer dari AS ke Australia

Erabaru.net. Penggemar Joe si merpati balap mulai turun untuk beraksi setelah terungkap bahwa burung petarung itu akan dimatikan karena aturan karantina yang ketat di Australia.

Burung itu telah melintasi Samudra Pasifik dari AS ke Australia, sebuah perjalanan yang kira-kira berjarak 13.000 kilometer.

Kevin Celli-Bird, dari Melbourne, Australia, menemukan burung yang kelelahan itu di halaman belakang rumahnya pada 26 Desember dua bulan setelah menghilang dari perlombaan di negara bagian Oregon, AS pada 29 Oktober.

[1]

“Burung itu hinggap di tempat kami pada Boxing Day. Saya punya air mancur di halaman belakang dan dia sedang minum dan mandi,” katanya. “Dia sangat kurus jadi saya menghancurkan biskuit kering dan meninggalkannya di sana untuknya.”

Menurut para ahli, merpati, yang dinamai Joe oleh Kevin, diambil dari nama Presiden terpilih AS, kemungkinan menumpang kapal kargo.

Namun, sepertinya prestasi Joe yang mengesankan bisa jadi sia-sia, dengan otoritas Australia khawatir tentang potensi penyakit yang dibawanya.

Departemen Pertanian, yang bertanggung jawab atas biosekuriti, mengatakan merpati itu tidak diizinkan tinggal di Australia karena dapat membahayakan keamanan pangan Australia dan populasi burung liar setempat.

[2]

“Ini menimbulkan risiko biosekuriti langsung bagi kehidupan burung Australia dan industri unggas kami,” kata mereka.

Berita itu mengejutkan banyak orang, yang sekarang mati-matian berkampanye agar pihak berwenang menyelamatkan nyawanya dan membiarkan dia hidup di karantina atau diizinkan kembali ke negaranya.

Sebuah petisi di Change.org telah dibuat, dengan ratusan orang telah menandatanganinya untuk mendesak para pejabat berwenang agar sebisa mungkin tidak membunuh merpati itu.

Setelah mengutip pernyataan Departemen Pertanian, pencipta petisi, Ali Hajeyah, mengatakan:
“Saya yakin saya bukan satu-satunya yang menganggap ini konyol.”

“Joe ‘The Legend’ Pigeon pantas mendapatkan yang lebih baik. Ini adalah petisi untuk menghentikan Pemerintah Australia membunuh Joe, tetapi malah mengirimnya kembali ke Alabama, AS, untuk menyatukannya kembali dengan pemiliknya.”

[3]

Orang yang menemukan Joe, Kevin mengatakan bahwa dia telah berusaha untuk menghubungi pemiliknya, yang dia percaya tinggal di Alabama, tetapi tidak berhasil.(yn)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi: