Erabaru.net. Dunia modern mungkin tidak pernah mengenal ‘Siberian Tutankhamun’ dan selirnya yang mangkat 2.600 tahun yang lalu, namun berkat sains modern, kita dapat melihat seperti apa rupa mereka dulu.

Para ilmuwan menggunakan tengkorak yang lapuk dari pasangan kerajaan itu untuk membangun model 3D menggunakan pemindaian laser dan fotogrametri – tetapi proyek tersebut memakan waktu berbulan-bulan karena setengah dari tengkorak raja telah hilang.

Rekontruksi menunjukkan pasangan yang mengenakan pakaian kerajaan dihiasi dengan liontin emas dan bulu, yang semuanya ditemukan di sekitar sisa-sisa kerangka.

Wanita itu dinobatkan sebagai ‘ratu’ di masa lalu, tetapi beberapa sejarawan menduga dia adalah selir favorit raja dan berkorban untuk menemaninya ke alam baka, lapor Siberian Times.

“Pekerjaan restorasi yang paling memakan waktu telah dilakukan untuk tengkorak’ Tsar ‘. Hanya setengah dari tengkorak yang terawetkan, yang membuat tugasnya jauh lebih rumit. Pemulihan area otak tidak terlalu sulit, karena separuh sisanya memungkinkan untuk mencerminkan bagian yang hancur, ‘ tulis antropolog yang tinggal di Moskow, Elizaveta Veselovskaya dan Ravil Galeev dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Archaeology, Anthropology and Ethnography.

Kesulitan besar dikaitkan dengan pemulihan bagian wajah.

Sayangnya, kurang dari setengah bagian wajah yang terawetkan, dan elemen tengkorak yang penting untuk rekonstruksi telah hilang.

Oleh karena itu, pemulihan tengkorak ini memakan waktu lama: setiap elemen yang hilang dipulihkan berdasarkan struktur sekitarnya yang ada.

Rahang bawah yang terawetkan sangat penting selama restorasi, berkat itu area rahang atas yang hancur dipulihkan.’

Setelah tim menyelesaikan wajah raja dan selirnya, mereka membuat patung dengan pahatan tanah liat dan busa poliuretan keras.

Gundukan kuburan, yang disebut Arzhan-2, pertama kali ditemukan pada tahun 1997 di Tuva yang terletak di selatan Siberia.

Jenazah pasangan itu berada di ruang kayu di tengah kuburan selebar 80 meter untuk menyembunyikan mereka dari perampok kuburan – pasangan itu dimakamkan dengan harta karun emas yang menakjubkan.

Pakaian raja dilengkapi dengan ribuan patung macan kumbang emas kecil dan wanita itu memiliki manik-manik pirus, lencana dan pin emas, miniatur kuali emas, gelang emas, dan tas dengan kosmetik.

Sebanyak 9.300 potongan emas dekoratif seberat 20 kg dikuburkan di tubuh pasangan itu.

Juga ditemukan di dalam kuburan adalah 33 individu lainnya dan lima anak, yang mungkin juga telah dikorbankan pada saat raja mangkat.

Arkeolog juga menemukan 14 kuda jantan yang dihiasi emas, perunggu, dan besi di dalam batas kuburan.(yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular