Erabaru.net. Mari kita lakukan eksperimen sains singkat untuk melihat apakah Anda termasuk di antara sekitar 15 persen orang yang tidak memiliki otot tertentu di lengan mereka.

Jika Anda ingin memeriksanya, letakkan tangan Anda di atas meja dengan telapak tangan menghadap ke atas, lalu rapatkan ibu jari dan jari kelingking Anda, angkat tangan Anda sedikit dari permukaan saat melakukannya.

Dapatkah Anda melihat otot atau tendon yang terangkat mencuat di tengah pergelangan tangan Anda saat melakukannya?

Nah, jika Anda bisa, Anda adalah salah satu dari mayoritas dari mereka, dan Anda masih memiliki palmaris longus.

Jika tidak bisa, Anda termasuk di antara 14 atau 15 persen orang yang tidak memilikinya.

Mengapa ini menarik? Nah, itu membantu untuk menunjukkan perkembangan evolusioner manusia, sebagai permulaan.

Palmaris longus adalah otot yang dapat Anda temukan di antara fleksor karpi radialis dan fleksor karpi ulnaris – jika Anda tahu apa saja itu – dan otot ini tidak ada pada semua manusia.

Hal ini ditemukan pada berbagai jenis kera, tetapi sangat panjang dan lazim pada mereka yang masih menggunakan tangan untuk sedikit mengayunkan diri menggunakan lengan.

Itu berarti bahwa kita tidak benar-benar menggunakannya lagi dan beberapa dari kita tidak lagi memilikinya.

Hal yang sama berlaku untuk simpanse dan gorila, yang – seperti kita – juga tidak menghabiskan banyak waktu di pepohonan.

Lemur dan orangutan, misalnya, masih banyak menggunakan milik mereka.

Manusia tampaknya telah mewarisi otot melalui keturunan yang sama melalui evolusi dari primata lain, yang mungkin telah menggunakan beban palmaris longus.

Saat kita terus berevolusi dan berkembang, kita mulai menggunakan ibu jari kita lebih dan lebih, dan kelompok otot tenar, dan oleh karena itu palmaris longus menjadi vestigial.

Karena tidak ada tekanan evolusioner pada otot, yang artinya tidak berdampak pada kita apakah kita memilikinya atau tidak, kebanyakan orang belum menyingkirkannya.

Apakah Anda memilikinya atau tidak, itu tidak berpengaruh pada kekuatan genggaman Anda, karena sudah tidak berfungsi lagi.

Yang cukup menarik, jumlah orang yang tidak memiliki bagian tubuh khusus ini sangat bervariasi di seluruh dunia.

Tergantung di mana Anda tinggal, atau apa etnis Anda, ada statistik yang sangat berfluktuasi mengenai apakah Anda akan memilikinya atau tidak.

Bahkan bentuknya bisa berubah, karena beberapa perbedaan dalam susunan dan hubungan antara otot dan tendon telah diamati di seluruh dunia.

Beberapa orang hanya memiliki satu, sedangkan yang lain memiliki dua atau tidak sama sekali! (yn)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular