Erabaru.net. Badai musim dingin baru-baru ini di Texas membuat negara bagian itu terguncang dan mengakibatkan beberapa orang kehilangan nyawa. Mengingat fakta bahwa negara bagian ini terbiasa dengan iklim yang hangat, mereka tidak siap menghadapi cuaca buruk seperti jutaan orang dibiarkan hidup tanpa listrik.

Tetapi sementara orang-orang di Texas mencari cara untuk tetap hangat dan tempat berlindung, masalah lain muncul secara online. Teori konspirasi dengan proporsi yang aneh mengklaim bahwa salju di wilayah tersebut sebenarnya ‘palsu’.

Beberapa video beredar di media sosial yang konon menunjukkan sesuatu yang aneh terjadi dengan salju.

Video-video ini menampilkan orang-orang yang mencoba membakar bola salju dengan api, dan sering kali disertai dengan klaim bahwa hujan salju di Texas dibuat secara artifisial oleh pemerintah.

Dalam video yang diunggah ke media sosial, pengguna berusaha membuktikan bahwa salju itu tidak nyata.

“Terima kasih Bill Gates karena mencoba menipu kami bahwa ini benar-benar salju,” kata seorang wanita dalam video sambil memegang korek api ke bola salju.

“Anda akan melihatnya tidak meleleh dan akan terbakar. Salju tidak terbakar. Salju meleleh. Tidak ada air, tidak ada tetesan, tidak ada apa-apa. Jika saya memasukkan kotoran ini ke dalam microwave, itu akan mulai menyala karena ada logam yang bercampur di dalamnya.”

Blogger sains Phil Plait menjelaskan kepada Slate bahwa alasan salju tampaknya tidak mencair dalam video viral ini adalah karena salju menyerap kembali air saat mencair. Plaitn juga mencatat bahwa tanda hangus dibuat oleh reaksi kimia.

Ini bukan pertama kalinya klaim absurd tersebut dibuat. Video ‘salju palsu’ telah beredar di media sosial setidaknya sejak 2014 dan setiap kali ada badai salju besar di AS, lebih banyak lagi yang bermunculan.(yn)

Sumber: indiatimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular