Erabaru.net. Cat yang begitu putih sehingga Anda tidak akan mengenalinya, Para ilmuwan di Universitas Purdue, AS, telah menciptakan apa yang disebut sebagai “cat paling putih” di dunia.

Bahkan, sangat putih sehingga sifat-sifat yang terkandung dapat menghilangkan kebutuhan akan AC di masa depan.

Cat paling putih di dunia baru-baru ini dimasukkan ke dalam buku Guinness World Records karena… sangat putih. Sementara keberadaan cat paling putih di dunia mungkin terdengar seperti pencapaian, para ilmuwan sebenarnya mulai mencari cara untuk memperlambat pemanasan global. Jika mereka dapat dipercaya, cat putih ini dapat melakukan hal itu.

Dalam sebuah pernyataan, Xiulin Ruan, seorang profesor teknik mesin di Purdue mengatakan bahwa ketika mereka memulai, tujuan mereka adalah menciptakan warna cat yang akan memantulkan sinar matahari dari sebuah bangunan. Di situlah semua warna putih masuk.

Dengan sifat reflektif yang fenomenal, cat paling putih di Bumi mampu memantulkan 98,1 persen radiasi matahari. Terkejut ? Ada lagi – cat putih juga mampu memancarkan panas inframerah. Apa artinya ini? Ini menunjukkan sifat kuat dari cat paling putih yang pernah ada, yang memancarkan lebih banyak panas daripada yang diserapnya.

Intinya, permukaan apa pun yang dilapisi cat ini akan menjadi dingin di bawah suhu disekitarnya tanpa menghabiskan daya apa pun.

Dalam pernyataannya, Ruan mengungkapkan kekuatan cat paling putih di Bumi: melapisi area atap sekitar 1.000 kaki persegi dapat menghasilkan daya pendinginan senilai 10 kilowatt – pada dasarnya lebih kuat daripada kebanyakan AC rumah tangga.

Tertarik untuk menggunakannya? Kabar baiknya adalah peneliti Purdue saat ini bermitra dengan sebuah perusahaan untuk menempatkan cat super putih di pasar, sebuah rilis berita menyatakan.

Penawaran cat putih masa kini bekerja secara berbeda – mereka menjadi lebih hangat bukannya menjadi lebih dingin. Sementara cat tradisional memantulkan 80 hingga 90 persen dari semua sinar matahari, mereka tidak mampu menyediakan AC. Apa yang membuat cat memiliki sifat yang sangat putih? Ini cukup sederhana – konsentrasi tinggi barium sulfat, senyawa kimia yang juga digunakan dalam kosmetik, bersama dengan ukuran partikel barium sulfat yang berbeda, kata para ilmuwan Purdue.

Apakah Anda sama bersemangatnya dengan kami untuk mendapatkan cat paling putih di dunia? Beri tahu kami di komentar di bawah. Untuk informasi terbaru jangan lupa untuk memeriksa Erabaru.net setiap hari. (lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular