Erabaru.net. Sebuah rumah di Kepulauan Canary, Spanyol lolos dari lahar cair yang keluar dari Gunung Berapi Cumbre Vieja yang meletus.

Sementara Gunung Berapi Cumbre Vieja benar-benar meluluh lantakkan rumah, infrastruktur, dan tanaman yang ditemukan di jalurnya, rumah tersebut adalah salah satu dari segelintir yang terhindar dari kerusakan.

Ratusan rumah telah hancur dan lebih dari 6.000 orang telah pergi untuk menyelamatkan diri, BBC melaporkan.

‘Rumah ajaib’, begitu julukannya, dimiliki oleh pasangan pensiunan dari Denmark, Inge dan Ranier Cocq, yang belum pernah ke Le Palma sejak pandemi virus corona mengganggu perjalanan internasional, menurut ABC News.

Letusan Gunung Berapi Cumbre Vieja masih berlangsung, dan ahli geologi tidak yakin berapa lama itu akan bertahan. Gambar rumah yang berhasil bertahan dari lahar di sekitarnya dari gunung berapi Kepulauan Canary diambil oleh fotografer Alfonso Escalero.

Administrasi Kepulauan Canary telah mengumumkan niat mereka untuk membeli dua proyek perumahan bagi individu yang telah mengungsi.

Sesuai BBC, Perdana Menteri Pedro Sánchez dari Spanyol telah melakukan perjalanan langsung dari La Palma ke New York untuk kunjungan singkat menghadiri Sidang Umum PBB dan akan segera kembali ke Kepulauan Canary untuk mengawasi upaya darurat. (lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Share

Video Popular