Erabaru.net. Sebuah tim penyelam pemberani terjun ke lubang sedalam 60 meter dalam upaya untuk mengungkap kebenaran tentang “sumur neraka” yang konon merupakan rumah bagi roh-roh jahat.

Selama jutaan tahun, penduduk setempat yang ketakutan telah menjauhi lubang misterius itu, dalam ketakutan bahwa tokoh-tokoh mitos seperti jin hidup di lubang di bawah gurun di Yaman timur itu.

Lubang raksasa, yang secara resmi disebut Sumur Barhout, dijelajahi oleh sekelompok delapan penyelam minggu lalu untuk apa yang diyakini sebagai ekspedisi pertama.

Namun meski penduduk setempat telah hidup dalam ketakutan selama berabad-abad, tim penjelajah gua dari Tim Eksplorasi Gua Oman mengatakan tidak ada tanda-tanda supranatural.

Tim Eksplorasi Gua Oman mengatakan mereka hanya menemukan ular, hewan mati, dan mutiara gua selama mereka berada di “sumur neraka”.

“Ada ular, tetapi mereka tidak akan mengganggu Anda kecuali Anda mengganggu mereka,” Mohammed al-Kindi, seorang profesor geologi di Universitas Teknologi Jerman di Oman, mengatakan kepada AFP.

Kindi, salah satu penjelajah gua yang turun ke bawah, mengatakan sebagai salah satu orang pertama yang mengambil risiko, lapor The Sun.

“Minat kamilah yang mendorong kami untuk melakukan ini, dan kami merasa bahwa ini adalah sesuatu yang akan mengungkapkan keajaiban baru dan bagian dari sejarah Yaman,” katanya.

“Kami mengumpulkan sampel air, batu, tanah, dan beberapa hewan mati, tetapi belum dianalisis.”

Kindi, yang juga memiliki perusahaan konsultan pertambangan dan perminyakan, menambahkan: “Ada unggas mati, yang memang menimbulkan bau tak sedap, tapi tidak ada bau tak sedap yang sangat menyengat.”

Pejabat Yaman mengatakan mereka tidak mengetahui apa yang ada di lubang raksasa itu karena mereka belum pernah mencapai dasarnya.

“Kami telah mengunjungi daerah itu dan memasuki sumur, mencapai kedalaman lebih dari 50-60 meter,” Salah Babhair, direktur jenderal otoritas survei geologi dan sumber daya mineral Mahra, mengatakan pada bulan Juni.

“Kami memperhatikan ada hal-hal aneh di dalam. Kami juga mencium sesuatu yang aneh… Ini situasi yang misterius.”

Beberapa telah menyimpulkan bahwa sumur itu sebenarnya adalah gunung berapi super yang suatu hari akan meletus, meskipun tidak ada bukti ilmiah untuk teori tersebut.

Pada tahun 2014, profesor universitas Chris Fogwill menyarankan bahwa sumur itu adalah pingo yang runtuh, yang terjadi ketika formasi es kuno runtuh.

Dia mengatakan kepada Daily Mail: “Erosi di sekitar tepi menunjukkan itu bukan hal baru.” (lidya/yn)

Sumber: dailystar

Share

Video Popular